Lahan Terus Tergerus, Jogja Kembangkan Pertanian Perkotaan

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Okt 2018   09:30 WIB

Komentar
Lahan Terus Tergerus, Jogja Kembangkan Pertanian Perkotaan

Ilustrasi pertanian perkotaan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lahan pertanian di Jogja kian tergerus dan beralih fungsi menjadi bangunan. Kondisi ini membuat jumlah lahan pertanian yang ada di kota pelajar tersebut kian menyusut. Untuk mengembalikan kejayaan pertanian di Jogja, Dinas Pertanian dan Pangan Yogjakarta akan memanfaatkan lahan seluas 4.000 meter persegi di Kampung Gambiran untuk lahan pertanian produktif.

"Ini satu dari sejumlah lahan yang direncanakan masuk dalam daftar pengadaan lahan melalui anggaran perubahan 2018. Nantinya, akan dikelola untuk pertanian perkotaan," terang Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Yogjakarta Sugeng Darmanto, Senin (22/10).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, lahan pertanian perkotaan ini akan dikembangkan dengan tanaman obat hingga tanaman hias.

"Saat ini kami masih menunggu realisasi pengadaan tanah yang akan dilakukan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Yogjakarta. Kalau sudah terealisasi nanti kami yang kelola,” tambah Sugeng.

Untuk itu, pihaknya berharap lahan pertanian perkotaan tersebut tidak hanya dapat dinikmati hasilnya oleh warga, namun selanjutnya bisa berkembang menjadi salah satu tujuan agrowisata.

Dinas Pertanian dan Pangan Yogjakarta akan mengelola lahan pertanian perkotaan tersebut bekerja sama dengan masyarakat atau komunitas di lingkungan setempat.

Sebagai informasi, pembelian lahan untuk pengembangan pertanian perkotaan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah menjaga lahan pertanian di Yogakarta yang semakin berkurang dan saat ini tersisa hanya seluas 53 hektare. [KW}

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: