Kronologi Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp 1,5 M

TrubusNews
Karmin Winarta
21 Okt 2018   18:00 WIB

Komentar
Kronologi Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp 1,5 M

(Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Lima kotak berisi puluhan ribu benih atau baby lobster gagal diselundupkan ke luar negeri oleh anggota Pangkalan Angkatan Laut Kota Dumai. Diperkirakan bernilai Rp 1,5 miliar, baby lobster ditemukan di  di Dermaga Rakyat Sungai Piring, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (20/10/2018).

"Diduga berasal dari Jambi yang akan diselundupkan ke Singapura. Jumlahnya 10 ribu ekor," kata Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Dumai Letkol Laut Saiful Simanjuntak di Pekanbaru, Minggu (21/10/2018) siang.

Dia menjelaskan, penggagalan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebut akan ada penyelundupan baby lobster. Kemudian tim lanal melakukan patroli di Perairan Sungai Piring dan pengecekan di jalur darat.

"Tim patroli F1QR gagalkan penyelundupan benih lobster. Namun pelaku berhasil lolos dengan menggunakan speed boat dan meninggalkan 5 kotak berisikan 10 ribu benih lobster yang dikemas dalam plastik," katanya.

Diduga Riau hanya menjadi daerah transit dan pintu keluar penyelundupan benih lobster dan akan diselundupkan ke Singapura kemudian ke Vietnam.

Baca Lainnya: Riau Dinyatakan Sebagai Pintu Keluar Benih Lobster ke Singapura

Harga satu ekor benih lobster ini dibanderol Rp 150 ribu. Kalau seandainya baby lobster ini berhasil diselundupkan negara akan mengalami kerugian Rp 1,5 miliar.

Sementara itu, Kepala Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Pekanbaru Eko Sulistyanto menyebutkan penangkapan benih lobster dilarang yang mengacu pada Permen KP no 56 tahun 2016.

"Dilarang melakukan kegiatan penangkapan untuk jenis lobster yang dibawah 200 gram, apalagi kegaiatan untuk ekspor," jelas Eko.

Benih lobster yang sebagian masih hidup ini direncanakan akan dilepasliarkan ke perairan Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis. (M Syukur)

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: