500 Ahli Geologi Akan Berkumpul di Pekanbaru Bahas Gempa Palu

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
21 Okt 2018   17:00

Komentar
500 Ahli Geologi Akan Berkumpul di Pekanbaru Bahas Gempa Palu

Para Ahli Geologi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebanyak 500 ahli geologi di Indonesia direncanakan hadir di Kota Pekanbaru mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2018. Berbagai isu tentang geologis serta penelitian ilmiah untuk masyarakat Indonesia akan disajikan dalam pertemuan ini.

Salah satu hal yang dibahas adalah gempa Palu hingga berujung tsunami yang berakibat jatuhnya ribuan korban jiwa dan ratusan orang dinyatakan hilang. Sejumlah ahli akan mengkaji penyebab berguncangnya Palu hingga pergerakan tanah untuk selanjutnya dijadikan rekomendasi di kemudian hari.

"Bagaimana ke depannya peneliti geologi memperkecil dampak gempa bagi masyarakat," kata Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Riau, Irdaz Muzwar, di Pekanbaru, Sabtu petang, 20 Oktober 2018.

Baca Lainnya: Masa Tanggap Darurat Sulteng Kini Fokus pada Pembangunan Huntara

Dia menjelaskan, gempa menjadi salah satu kajian dalam geologi karena mengkaji bagaimana terbentuknya struktur alam hingga pergeserannya. Ini menjadi prioritas karena Sumatera juga termasuk rawan gempa, misalnya di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Pulau Nias.

"Setiap ahli geologi akan mengemukakan pendapat dan hasil kajian ilmiahnya dalam forum ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," sebut Irdaz.

Irdaz menerangkan, Riau terpilih sebagai tuan rumah setelah bersaing dengan beberapa provinsi lainnya. Kegiatan ini mengambil tema "Sustainable Management of Natural Resources and Environment for Indonesia".

Gempa di Palu sendiri akan dibahas pada 31 Oktober 2018. Beberapa instansi seperti BMKG, BNPB, BPPT, Menko Maritim, LIPI, Menteri PUPR serta pemerintah daerah akan diundang dalam kegiatan ini.

Sementara Multihadi selaku Sekretaris IAGI Pengda Riau menambahkan, potensi geologi yang ada di Riau, harus bisa dieksplorasi secara maksimal.

Baca Lainnya: Pasca Gempa Magnitudo 7,7 SR di Donggala, Tsunami Hantam Pesisir Palu

Oleh karena itu katanya, seluruh program kerja IAGI ini hendaknya bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.

Selain itu dibeberkan Multihadi, IAGI juga punya program kepedulian dalam meningkatkan dunia pendidikan dan memperkenalkan ilmu geologi kepada siswa dan siswi di Riau. Yang diaplikasikan dalam program IAGI Goes to School.

"Puncaknya nanti akan ada Earty Olympic of Riau, kompetisi geologi tingkat SMA Se-Pekanbaru pada tanggal 28 Oktober 2018. Generasi muda diharapkan bisa dapat pemahaman soal geologi," ucapnya. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: