Demi Ekosistem Alam, Balai TNKT Ajak Warga Lestarikan Hutan Mangrove

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
21 Okt 2018   07:00

Komentar
Demi Ekosistem Alam,  Balai TNKT Ajak Warga Lestarikan Hutan Mangrove

Kawasan hutan mangrove. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) di Sulawesi Tengah mengajak seluruh masyarakat peduli dan menjaga kelestarian hutan mangrove demi kepentingan ekosistem alam. Sebagaimana diketahui, hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan tumbuhan yang mampu hidup subur di kawasan dengan kadar garam tinggi.

Kepala Balai TNKT Bustang mengungkapkan, Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah memiliki kawasan hutan mangrove seluas 5.639,94 hektare. Namun, yang masuk dalam pengawasan TNKT hanya 359,45 hektare.

"Sejauh ini belum ada peremajaan hutan bakau karena hutannya masih dalam kondisi baik," kata Bustang di Togean, Sulawesi Tengah, Sabtu (20/10).

Baca Lainnya : Seperti Jaring, Mangrove Bisa Hadang Tsunami

Menurutnya, hutan bakau di Togean memiliki peranan untuk keberlangsungan lingkungan. Juga berfungsi untuk mengendapkan lumpur pada akar-akar pohon mangrove yang bisa membuatnya mencegah intrusi air laut ke daratan.

Diakui Bustang, sebagian besar permukiman penduduk di Kepulauan Togean berhadapan langsung dengan pantai. Oleh karena itu, hutan bakau berperan penting untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat pesisir dari ancaman bencana erosi maupun abrasi dan tsunami.

"Di sinilah peran masyarakat bagaimana menjaga kelangsungan ekosistem. Lingkungan rusak akan berdampak buruk bagi masyarakat itu sendiri," sambungnya lagi.

Baca Lainnya : Penting, Ini 7 Manfaat Hutan Mangrove bagi Kita Semua

Demi menjaga kelestarian hutan mangrove, TNKT turut mengajak masyarakat untuk membantu melakukan pengawasan hutan mangrove dari berbagai kegiatan perusakan lingkungan. Bukan hanya hutan, tapi juga pengawasan di laut dari kegiatan penangkapan ikan secara liar menggunakan alat tangkap yang dilarang pemerintah.

Apalagi, Kepulauan Togean telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata populer yang dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata. Tidak heran jika Taman Nasional Kepulauan Togean mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: