Kobaran Api di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan

TrubusNews
Astri Sofyanti
20 Okt 2018   15:00 WIB

Komentar
Kobaran Api di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Gunung Merbabu. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang bersama tim gabungan di lapangan berhasil memadamkan kobaran api yang membakar kawasan hutan di Gunung Merbabu.

“Alhamdulilah, api sudah tidak ada. Tetapi kalau asap, kadang timbul kadang tidak. Maka, perlu didukung giat patroli penyisiran jalur darat,” kata Heru Subroto, Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Sabtu (20/10).

Ketika ditanya perkembangan operasi pemadaman dari udara dengan helikopter tipe MI 8 EY-225 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Heru menuturkan jika sejak Jumat (19/10), tidak ada penerbangan ditemukan kerusakan bracket sling pedal. Oleh karena itu, helikopter harus diperbaiki di Lapangan Udara Ahmad Yani, Semarang.

Baca Lainnya : Akibat Kebakaran Hutan Gunung Merbabu, Warga Krisis Air Bersih

“Setelah diperbaiki sekitar tiga jam, helikopter siap diterbangkan. Tapi, ada perintah untuk memberangkatkan helikopter karena ada RI 1 (Presiden Joko Widodo) di Semarang. Upaya pendinginan di sejumlah area yang terbakar akan dilanjutkan hari ini,” ujar Heru.

Operasi pemadaman dan penyisiran jalur darat tetap dilaksanakan karena Heru tidak ingin bara yang belum padam kembali berubah menjadi api. Untuk penanganan instalasi air bersih dari sumber menuju sejumlah dusun di Desa Batur dan Desa Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang yang hancur pasca kebakaran Gunung Merbabu, sedang dilakukan upaya perbaikan.

“Jalur air masih diperbaiki. Penanganan darurat biar tersambung dahulu dengan biaya swadaya masyarakat,” tambahnya.

Baca Lainnya : Kebakaran di Lereng Gunung Merbabu Meluas Hingga ke Boyolali

Sementara itu, dandim 0714/Salatiga, Letkol Inf Prayoga Erawan, Komando Satuan Tugas Darurat Bencana Kebakaran Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) di wilayah Kabupaten Semarang mengungkapkan, "Meski sejumlah wilayah sudah dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, cuaca serupa tidak terjadi di lereng dan puncak Gunung Merbabu".

Walaupun sudah tidak ada api, personel gabungan masih terus menyisir Gunung Merbabu.

"Seluruh area gunung tidak akan kita tinggalkan sebelum betul-betul aman pasca kebakaran,” ucap Prayoga. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: