Selain Dana Desa, Jokowi Akan Kucurkan Dana Kelurahan Tahun Depan

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
19 Okt 2018   13:00

Komentar
Selain Dana Desa,  Jokowi Akan Kucurkan Dana Kelurahan Tahun Depan

Pembangunan desa (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan banyak mendapat keluhan terkait dana untuk tingkat kelurahan. Untuk itu, tahun depan dia akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa.

"Tahun depan akan ada dana kelurahan. Karena banyak yang tanya ke saya, 'Pak ada Dana Desa, untuk kelurahan bagaimana Pak?' Ya sudah, tahun depan akan ada Dana Kelurahan," terang Jokowi.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018. Kegiatan ini sendiri digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Jumat (19/10/2018).

Baca Lainnya : Dunia Akui Program Dana Desa Sebagai Langkah Nyata Pencapaian SDGs

Selain Dana Kelurahan, Jokowi direncanakan juga akan mengeluarkan kebijakan terkait dengan operasional kepala desa.

"Mumpung saya ingat, akan ada juga yang namanya dana operasional desa, sehingga kepala desa akan jelas menggunakan dana desa itu," ujarnya.

Jokowi menyampaikan, saat ini prosesnya dalam tahap mengkaji payung hukum untuk regulasi tersebut. Diperkirakan, dana operasional desa akan diambil dari Dana Desa sebanyak 5 persen.

"Kita akan revisi PP-nya, apakah akan dapat berapa persen. Tapi perkiraan kurang lebih 5 persen," ujarnya.

Baca Lainnya : Rp37 Triliun Dana Desa Tahun 2019 Diarahkan untuk Peningkatan SDM dan BUMDes

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga berpesan dengan adanya dana desa, diupayakan desa lebih giat membangun. Jokowi juga meminta agar Dana Desa untuk pembangunan itu dibelanjakan di desa setempat.

"Saya titip, setelah kita garap infrastruktur yang besar-besar, kita mulai geser pada pemberdayaan ekonomi daerah, ekonomi desa dengan inovasi dan teknologi yang tepat guna. Arahkan ke sana. Kalau ada infrastruktur yang belum rampung, kerjakan. Hidupkan yang namanya ekonomi baru di desa, di kecamatan. Sehingga seluruh bisa dipasarkan," jelasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: