Akibat Kebakaran Hutan Gunung Merbabu, Warga Krisis Air Bersih

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Okt 2018   14:15 WIB

Komentar
Akibat Kebakaran Hutan Gunung Merbabu, Warga Krisis Air Bersih

Warga terima air bersih (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran yang melanda Gunung Merbabu di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menghanguskan hutan sekitar 400 hekatare. Kebakaran ini mengakibatkan kerusakan pipa air bersih yang menyuplai ke rumah-rumah warga yang bermukim di lereng Gunung Merbabu.

Guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi ribuan warga yang tinggal di kaki Gunung Merbabu, Pemerintah Kabupaten Semarang terus mendistribusikan air bersih melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang.

Setidaknya dua sampai empat tangki air bersih dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan warga. Air bersih dituangkan dalam bak penampung milik warga desa. Warga harus rela antre guna mendapatkan air bersih itu.

Baca Lainnya: Gunung Merbabu Masih Membara, Helikopter Water Bombing Kemana?

"Biasanya warga membawa tiga jerigen untuk keperluan minum dan masak saja. Kalau mandi kita pakai air dari pengairan ladang," ungkap perangkat dusun setempat, Supriyono, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/10).

Kebakaran hutan di Gunung Merbabu yang terjadi sejak seminggu lalu ini membuat warga Desa Batur mengandalkan BPBD untuk kebutuhan air bersih.  Kebakaran di gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl itu telah merusak 250 meter lebih saluran pipa air warga yang bersumber dari Gunung Merbabu.

"Pipa air yang rusak ini merupakan sumber air bagi warga di Dusun Tekelan, Dusun Nglilo, dan Dusun Ngaduman. Jadi kita bantu warga dengan pasokan air bersih," ungkap Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: