400 Hektare Hutan Gunung Merbabu Terbakar, Begini Nasib Warga yang Tinggal di Lerengnya

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Okt 2018   15:30 WIB

Komentar
400 Hektare Hutan Gunung Merbabu Terbakar, Begini Nasib Warga yang Tinggal di Lerengnya

Kebakaran di gunung Merbabu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Data sementara Balai Nasional Taman Merbabu mencatat luas kebakaran hutan  ]di Gunung Merbabu mencapai 400 hektare. Namun sampai sekarang warga yang tinggal di lereng Gunung Merbabu tersebut belum juga dievakuasi.

Kenapa?

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang menilai belum perlu dilakukan evakuasi bagi warga yang bermukim di lereng gunung.

"Informasi dari Balai Nasional Taman Merbabu, kebakaran sudah (melanda) 400 hektare," terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Heru Subroto, Kamis (18/10).

Baca Lainnya : Kebakaran di Lereng Gunung Merbabu Meluas Hingga ke Boyolali

Lebih lanjut, pihaknya menyebut, masih ada empat titik api yang mengarah ke sejumlah dusun di sekitar lokasi kebakaran. Meski demikian, langkah evakuasi warga belum diperlukan karena api dirasa masih cukup jauh dari wilayah permukiman, diantaranya Dusun Nglelo, Getasan, Ngaduman, dan satu lagi masih dipastikan. Tapi api masih jauh. Dari sumber api itu ke permukiman masih ada lahan-lahan masyarakat. 

"Belum ada upaya evakuasi, mudah-mudahan enggak ada," tuturnya.

Baca Lainnya : Pemadaman Kebakaran di Gunung Merbabu Alami Titik Terang

Lebih lanjut pihaknya menyatakan kebakaran tersebut secara langsung berdampak kepada warga berupa terbakarnya pipa saluran air. Untuk itu, BPBD Kabupaten Semarang secara rutin mengirimkan bantuan air bersih untuk warga di Dusun Thekelan dan Nglelo Desa Batur di Kecamatan Getasan.

"Yang terdampak sekarang kan ada beberapa pipa yang terbakar, akhirnya warga kesulitan air bersih. Sementara kita atasi dengan droping air setiap hari di Dusun Thekelan dan Nglelo. Satu dusun dua tangki, jadi ada empat tangki air bersih setiap hari yang kita salurkan," ujarnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: