Warga Gunungkidul Krisis Air, Status Tanggap Darurat kekeringan Belum Ditetapkan

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Okt 2018   09:30 WIB

Komentar
Warga Gunungkidul Krisis Air, Status Tanggap Darurat kekeringan Belum Ditetapkan

Kekeringan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mencatat, 14 kecamatan di Kabupaten tersebut alami kekeringan ekstrem akibat musim kemarau panjang.

“Dampak kekeringan yang kian meluas, BNPB akan mempertimbangkan penetapan status tanggap darurat kekeringan di Gunungkidul,” jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki di Yogyakarta, Rabu (17/10).

Berdasarkan data terakhir BPBD per tanggal 10 Oktiber, kekeringan terjadi di 59 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.

Baca Lainnya: 55 Desa di Gunungkidul Alami Kekeringan Ekstrem, Air Bersih Mahal

"Kekeringan semakin meluas ini memang karena musim hujan yang tak kunjung datang sehingga masyarakat saat ini mulai kesulitan air," sambungnya.

Bertambahnya jumlah wilayah yang terdampak kekeringan menurut Edy, turut diikuti dengan pertambahan jumlah warga terdampak. Padahal sebelumnya sebanyak 96.523 orang di Kabupaten Gunungkidul terdampak kekeringan, saat ini jumlah tersebut kian bertambah menjadi 116.216 jiwa kemudian meluas menjadi 122.104 jiwa.

"Dengan meluasnya dampak kekeringan ini, dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat koordinasi untuk membahas apakah status tanggap darurat akan diterapkan," tambah Edy.

Baca Lainnya: BPBD DIY: Bencana Kekeringan di Gunung Kidul Belum Emergency

Menurut Edy sampai saat ini, pihaknya masih terus melakukan penyaluran air bersih kepada wilayah yang mengajukan permohonan. Meski begitu, BPBD mengalami kendala di mana salah satunya akses jalan yang masih belum memadai sehingga pendistribusian air sedikit terlambat.

"Kondisi geografis wilayah terdampak kekeringan yang pegunungan dan jalan sempit menghambat distribusi air," tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: