Tenda Kelas Darurat untuk Korban Terdampak Bencana Belum Mencukupi

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
16 Okt 2018   18:30

Komentar
Tenda Kelas Darurat untuk Korban Terdampak Bencana Belum Mencukupi

Pengungsi gempa dan tsunami Palu, Sulteng. (Foto : Trubus.id/ Thomas Aquinus)

Trubus.id -- Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang Membidangi Anak-anak (UNICEF) memberikan bantuan sebanyak 65 tenda yang diperuntukkan sebagai kelas darurat dan sejumlah kotak mainan.

"Dukungan sosial sangat dibutuhkan anak-anak. Tidak hanya di sekolah, tetapi juga lingkungan yang ramah pada anak," kata Perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Debora Comini.

Baca Lainnya : Indonesia Terima Bantuan 4 Negara Asing Hadapi Tanggap Darurat Bencana Sulteng

Debora menyebutkan, bantuan tersebut diharapkan dapat membantu anak untuk menghilangkan rasa trauma. Sementara itu ia menambahkan, saat ini juga sudah terpasang sebanyak 19 tenda darurat dari target  450 tenda yang ditargetkan terbangun bersama dengan Kemendikbud.

Sementara itu , Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy mengakui terjadi kekurangan tenda darurat yang diperuntukkan bagi kelas darurat di pengungsian.

"Seperti yang diketahui, bencana terjadi secara beruntun mulai dari Nusa Tenggara Barat (NTB) lalu Sulawesi Tengah, karena terjadinya beruntun maka penanganan di bidang pendidikan menjadi sangat merepotkan," ujar Muhadjir di Jakarta, Selasa (16/10).

Baca Lainnya : Pemkab Lombok Utara Kendalikan Pemerintahan dari Tenda Darurat  

Semua tenda dan bantuan dari UNICEF sudah disebar di NTB. Akibatnya Sulawesi Tengah mengalami kekurangan tenda.

"Terakhir tenda yang baru terpasang sebanyak 18 tenda. Saat saya ke Sulawesi Tengah, saya beri arahan agar ada kelas darurat yang dibangun masyarakat dan Kemendikbud akan membantu memberikan terpal sebagai atap dengan biaya pemasangan Rp30 juta," jelas dia.

Dia menambahkan pihaknya akan memesan tenda yang baru, namun ada prosedur yang harus dilewati yakni proses lelang. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: