Api yang Membakar Sisi Barat Gunung Merbabu Disekat Agar Tak Meluas ke Sisi Timur

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 Okt 2018   16:15

Komentar
Api yang Membakar Sisi Barat Gunung Merbabu Disekat Agar Tak Meluas ke Sisi Timur

Tim gabungan tengah berupaya memadamkan api di Gunung Merbabu. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sudah tiga hari belakangan, kebakaran melanda kawasan hutan Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Pun demikian, hingga hari ini (16/10), api belum juga berhasil dipadamkan meski kobarannya sudah hampir mencapai puncak gunung tersebut.

Seluruh komponen masyarakat dan relawan dikerahkan untuk mengantisipasi meluasnya areal savana yang terbakar di lereng gunung Merbabu. Hingga saat ini, sejumlah titik api masih terpantau di lereng utara Merbabu. Beberapa di antaranya kian meluas ke arah timur laut, mendekati wilayah Kabupaten Boyolali.

Baca Lainnya : Gunung Merbabu Masih Membara, Helikopter Water Bombing Kemana?

Melihat kondisi ini, unsur relawan serta masyarakat di wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali telah dikerahkan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi. Sebab, api yang masih terus berkobar berpotensi mengarah ke lereng sisi timur gunung Merbabu yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kecamatan Ampel.

“Hari ini, relawan dan masyarakat di Ampel telah bergerak membuat sekat guna melokalisir api,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM), Edy Sutiyarto di Semarang, Selasa (16/10).

Guna melakukan upaya antisipasi di wilayah Kecamatan Ampel ini, dikatakan Edy, dilakukan oleh petugas BTNGM. Selain itu, upaya pemadaman api di wilayah Kecamatan Getasan juga terus diupayakan secara manual.

Baca Lainnya : Api Masih Berkobar, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

“Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memadamkan kobaran api dengan cara manual, yakni dengan melakukan gepyokan menggunakan peralatan sederhana,” tambah Edy.

Sementara itu, Kapala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi mengungkapkan, pihaknya menambah personel ke lokasi kejadian untuk membantu pemadaman. Menurutnya api masih mengganas di sisi barat Gunung Merbabu, di atas basecamp Thekelan-Wekas, wilayah Getasan, Kabupaten Semarang.

“Hari ini kami tambah personel satu pleton atau kurang lebih 20 orang. Mereka akan bergabung dengan petugas gabungan yang sudah berada di lapangan. Semoga kehadiran pasukan tambahan ini bisa cepat memadamkan api,” tutur Teguh.

Baca Lainnya : BNPB Kerahkan 1 Helikopter untuk Padamkan Api di Gunung Merbabu

Berdasarkan laporan di lapangan, personel terkendala beratnya medan menuju ke titik sumber api karena harus mendaki selama dua jam. Setelah tiba di lokasi titik api, petugas gabungan juga harus berhati-hati saat berjibaku mengendalikan api agar tak terperosok jatuh ke dalam jurang.

“Petugas harus jalan kaki dari Pos Thekelan hingga TKP (sumber api). Medan di pegunungan kan lumayan berat. Jadi, harus mendaki di jalan setapak yang berkelok-kelok. Sejauh ini kita masih menunggu kabar dari sana karena di lokasi kejadian tidak ada sinyal,” tutupnya. [RN]

 
 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: