El Nino, Penyebab Mundurnya Musim Hujan di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 Okt 2018   14:00

Komentar
El Nino, Penyebab Mundurnya Musim Hujan di Indonesia

Hujan, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya El Nino skala lemah yang bisa mengubah waktu turunnya hujan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo yang memperkirakan El Nino akan berlangsung dari November 2018 sampai Maret 2019.

Fenomena El Nino skala lemah ini memundurkan waktu musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Mulyono menuturkan, musim hujan tahun 2018/2019 bagi wilayah di Indonesia yang saat ini masih mengalami kemarau diperkirakan akan terjadi pada akhir Oktober atau awal November. 

Baca Lainnya: El Nino Ancam Penurunan Produksi Beras, Begini Kata Pengamat Pertanian

"Saat ini sebagian wilayah lndonesia masih ada pada kondisi musim kemarau meski beberapa wilayah sudah ada yang masuk musim hujan," terang Mulyono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/10).

Meski begitu, pihaknya mengatakan perlunya diwaspadai kondisi cuaca pada musim transisi, dari musim kemarau ke musim hujan, terutama bagi daerah yang mengalami kemarau kemungkinan akan muncul potensi hujan tiba-tiba dengan intensitas lebat meskipun durasinya pendek.

Baca Lainnya: Musim Pancaroba, Hujan Hebat Disertai Petir Bisa Meningkat

Menurutnya meski akan terjadi hujan, belum tentu daerah tersebut sudah memasuki musim hujan. Hujan ini bisa saja diawali dengan munculnya angin yang hembusannya kuat serta petir.

"Kondisi transisi ini dapat terjadi pada akhir Oktober sampai awal November, merambat ke wilayah-wilayah seperti Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Kalimantan Selatan," tutup Mulyono. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: