Kebakaran di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan, 15 Hektare Hutan jadi Korban

TrubusNews
Syahroni
12 Okt 2018   19:45 WIB

Komentar
Kebakaran di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan, 15 Hektare Hutan jadi Korban

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jumat (12/10) sekitar pukul 10 pagi, titik api diketahui terlihat di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu yang masuk wilayah Boyolali. Warga, relawan dan petugas Taman Nasional kemudian naik ke lokasi guna melakukan pemadaman. Hasilnya, saat petang menjelang api berhasil dipadamkan. 

Belakangan diketahui, hingga sore ini, luas kawasan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 15 hektar. Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setiawan mengatakan, kebakaran yang masuk kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu berada di wilayah Dukuh Gunungan, Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali.

Baca Lainnya : 8 Hingga 31 Oktober, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

Baca Lainnya : Rawan Terbakar, Pendaki Gunung Merbabu Dilarang Merokok

"Kita masih belum bisa menghitung secara detail, cuma perkiraan kami 10 sampai 15 hektar (hutan yang terbakar). Masuk wilayah SPTN (Seksi Pengelolaan Taman Nasional) 2 Resor Selo (BTNGMb)," jelas Johan Setiawan kepada para wartawan di lokasi kebakaran, Jumat (12/10).

Ia menuturkan, meski api sudah berhasil dipadamkan, namun proses pemantauan masih dilakukan agar benar-benar tidak ada lagi bara yang bisa memicu kebakaran.

Johan juga menjelaskan, kawasan yang terbakar hari ini berupa ilalang dan tanaman keras. Sementara itu, terkait penyebab kebakaran, pihaknya juga belum bisa memastikan. Namun menurut informasi yang diterimanya, api diduga berasal dari perkebunan warga. [RN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: