Heboh Matahari Kembar Empat, LAPAN Ungkap Alasannya 

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
12 Okt 2018   10:30

Komentar
Heboh Matahari Kembar Empat, LAPAN Ungkap Alasannya 

matahari (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Video fenomena empat matahari yang diduga diambil di Kepulauan Riau (kepri) viral dalam sepekan ini. Warga terlihat heboh menyaksikan fenomena yang tak biasa itu. Bahkan, video tersebut sudah banyak diunggah di YouTube.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan,  kemunculan 4 matahari di Kepri sama seperti fenomena cincin matahari atau halo matahari yang sering terlihat di Indonesia.

Thomas mengatakan, fenomena ini disebut sun dogs sebab seolah sebagai "anjing penjaga matahari". Sun dogs hanya terjadi di dekat ufuk atau kaki langit, berbeda dengan halo yang bisa terjadi di langit tinggi.

"Fenomena 4 matahari ini terjadi akibat adanya kristal-kristal es yang sangat halus di awan tinggi (awan cirrus) atau di udara sekitar," jelasnya.

Fenomena Sun dogs hanya bisa terjadi jika ada kondisi sangat dingin di awan tinggi atau sekitar wilayah tersebut. Oleh karena itu, fenomena seperti ini tidak selalu terjadi.

Secara umum, lanjut Thomas, kristal es halus menyebabkan cahaya matahari dibiaskan membentuk cincin pelangi di sekitar matahari yang namanya "halo".

Saat matahari mendekati ufuk, selain terbentuk efek halo, ada efek pembiasan lain oleh kristal es yang menyebabkan munculnya cahaya lebih kuat dari sisi kanan dan sisi kiri halo.

Menurut Thomas, sun dogs biasanya memunculkan dua pengiring matahari. Dua pengiring matahari disebabkan kristal es di awan tinggi, sedangkan dua lainnya di sebabkan kristal es di udara sekitar.

Fenomena sun dogs sudah terjadi di beberapa negara lain. Fenomena seperti ini pernah terjadi di Kazakhstan (empat matahari) dan Mongolia sampai Rusia (tiga matahari).

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: