Sutopo: Jangan Panik, Gunung Salak Tidak Tunjukkan Aktivitas Vulkanik

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Okt 2018   22:30

Komentar
Sutopo: Jangan Panik, Gunung Salak Tidak Tunjukkan Aktivitas Vulkanik

Gunung Salak, Jawa Barat tidak menunjukkan aktivitas vulkanik. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kabar adanya aktivitas vulkanik di Gunung Salak, Jawa Barat yang disebut sempat mengganggu aktivitas penerbangan akhirnya terbantahkan. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tidak ada aktivitas vulkanik di gunung yang berada di Kabupaten Bogor berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi itu.

"Gunung Salak tidak meletus, sampai saat ini statusnya masih normal (level I)," demikian klarifikasi Sutopo di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (11/10).

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, beredarnya informasi yang mengatakan bahwa Gunung Salak meletus dan menggangu penerbangan sebelumnya sudah diralat oleh Darwin Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) juga. 

Ia menjelaskan, berdasarkan pengamatan visual, instrumentasi dan observasi lapangan, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) juga menyatakan bahwa Gunung Salak tidak meletus seperti yang dinformasikan VAAC sebelumnya.

"Gunung Salak dalam keadaan aman dan tenang," sambungnya.

Meski begitu, Sutopo tetap mengimbau masyarakat yang berada disekitar Gunung Salak untuk tetap tenang dan tidak panik.

"Sejauh ini tidak ada kenaikan aktivitas vulkanik Gunung Salak. Gunung api akan memberikan tanda-tanda sebelum meletus. Masyarakat dapat dikenali agar bisa mengantisipasi," ujarnya lagi.

Gunung Salak diketahui komplek gunung berapi yang berada di Jawa Barat-tepatnya berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Salak tergolong gunung tua yang memiliki 3 puncak. Posisi puncak tertinggi Gunung Salak berada di titik koordinat 6 derajat atau 43 LS dan 106 derajat atau 44' BT. Puncak tersebut dinamakan Puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 meter dari permukaan laut (mdpl). [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: