Masa Tanggap Darurat Selesai, "Memorial Park" akan Dibangun Kenang Bencana

TrubusNews
Binsar Marulitua
11 Okt 2018   16:00 WIB

Komentar
Masa Tanggap Darurat Selesai, "Memorial Park" akan Dibangun Kenang Bencana

Perumnas Balaroa rata dengan tanah (Foto : Trubus.id / Thomas Aquinus Krisnaldi)

Trubus.id -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan mengakhiri evakuasi korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi Sulawesi Tengah pada Kamis sore, 11 Oktober 2018. Setelah Operasi selesai, Basarnas akan menyerahkan pencarian korban yang masih terkubur kepada pemerintah daerah setempat.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Bambang Suryo menyampaikan, bahwa Basarnas sepenuhnya mengakhiri operasi evakuasi pada tanggal tersebut. Pihaknya akan menyerahkan tugas kepada Basarnas wilayah Kota Palu.
     
"Kami tetap menyiapsiagakan personel Basarnas dari Kantor Palu untuk melakukan asistensi. Dan bila mendapatkan laporan (korban) dari masyarakat, mereka akan melakukan evakuasi," katanya. 

Baca Lainnya : Hasil Kajian di 40 Desa, Inilah Bantuan yang Dibutuhkan Korban Bencana Pascagempa Palu

Sesuai hasil rapat koordinasi yang dipimpin Gubernur diperoleh enam keputusan, antara lain, pertama, pelaksanaan evakuasi korban bencana akan dihentikan setelah selesainya waktu tanggap darurat yakni pada 11 Oktober 2018. 
     
Balaroa, Petobo, dan Jono Oge akan menjadi "memorial park" yang akan dibangun monumen untuk mengenang korban atas gempa dahsyat itu.
     
Pemerintah akan melakukan pembangunan hunian sementara untuk masyarakat korban gempa yang rumah-rumahnya hancur.

Baca Lainnya : Pengiriman 1,4 Ton Rendang untuk Korban Gempa Palu Terkendala Transportasi
     
Pembangunan hunian sementara, akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan lokasi pembangunan hunian sementara itu supaya disiapkan oleh bupati/wali kota.
     
Pembangunan hunian tetap akan dilakukan. Untuk itu diharapkan kepada bupati dan wali kota agar menyiapkan lokasi tanah untuk pembangunan rumah-rumah warga. [NN]   

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: