Sempat Depresi karena Katarak, Iberamsyah Jadi Atlet di Asian Para Games 2018

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Okt 2018   13:30

Komentar
Sempat Depresi karena Katarak, Iberamsyah Jadi Atlet di Asian Para Games 2018

Ilustrasi. (Foto : SwimSwam)

Trubus.id -- Perhelatan Asian Para Games 2018 digelar untuk memperlihatkan bahwa para penyintas (penyandang disabilitas) juga bisa eksis di dunia olahraga.

Para atlet yang bertanding di Asian Para Games memiliki cerita inspiratif, patut ditiru masyarakat luas agar terus termotivasi dan berusaha meraih apa yang diinginkannya. Salah satunya ialah Iberamsyah, atlet renang di Asian Para Games 2018.

Sejak tahun 2000, Iberamsyah telah kehilangan penglihatan. Padahal, ketika lahir, ia tak memiliki masalah penglihatan. Seperti orang normal pada umumnya, Iberamsyah bisa melihat. Namun, sejak tahun 1990, ia memiliki masalah penglihatan. Oleh dokter, ia divonis mengalami katarak yang mengharuskannya untuk melakukan operasi.

Baca Lainnya : Jumlah Pengidap Katarak dengan Operasi Tidak Seimbang, Ini Alasannya

Lantaran terkendala biaya, Iberamsyah tak bisa menjalani operasi. Dengan terpaksa, ia harus kehilangan penglihatan.

"Kata dokter, kemungkinan penyebabnya itu zat kimia, kaporit. Dulu, saya ini tukang membersihkan kolam renang," kata Iberamsyah, beberapa waktu lalu.

Tak lagi bisa melihat, Iberamsyah mengaku jika ia sempat depresi. Walau begitu, ia tak menyerah begitu saja dan larut dalam keterpurukan. Bagaimana pun, ia bertekad untuk bangkit lagi setelah diajak temannya untuk jadi atlet renang.

Baca Lainnya : Katarak pada Anak, Yuk Kenali Gejalanya

Kejuaraan demi kejuaraan telah diikutinya. Hingga akhirnya, Iberamsyah mendapat kesempatan tampil di Asian Para Games. Meski telah berusaha semaksimal mungkil, ia gagal di Asian Para Games 2017 pada pertandingan akuatik yang diadakan Senin (8/10).

Iberamsyah mencapai garis finish di posisi akhir dengan catatan waktu 1 ment 15,57 detik.

"Rasanya tidak ada yang susah, hanya lawan lebih baik dari saya. Tidak kecewa dengan kekalahan ini, tetap semangat," ucapnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: