Fakta Baru, Ini yang Membuat Produksi Beras Dalam Negeri Meningkat

TrubusNews
Isna Setyanova | Followers 0
11 Okt 2018   13:00

Komentar
Fakta Baru, Ini yang Membuat Produksi Beras Dalam Negeri Meningkat

Ilustrasi Beras (Foto : Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Polemik impor beras yang sempat memanas beberapa waktu lalu mengundang reaksi dari banyak pihak. Koordinator Nasional Indonesia Food Watch (IFW), Pri Menix Dey mengatakan produksi beras dalam negeri tahun ini mengalami peningkatan, bahkan sudah melebihi dari kebutuhan beras dalam negeri sebesar 30-33 juta ton/tahun.

“Peningkatan produksi ini selain disebabkan adanya perbaikan produktivitas, pada saat yang sama juga terjadi peningkatkan luas panen yang disebabkan adanya peningkatan indek pertanaman, khususnya pada lahan-lahan yang tidak berkompetisi dengan tanaman lainnya,"urai Pri Menix di Bogor, Kamis (11/10). 

Baca Lainnya: Terkait Polemik Impor Beras, Rizal Ramli Tantang Jokowi Pecat Mendag

Tidak hanya itu, peningkatan produksi juga disebabkan adanya peningkatan kualitas lahan sehingga bisa ditanami lebih dari satu periode masa tanam. 

"Kita sudah cek, misalnya lahan pertanian di Jawa Barat, banyak lahan sawah yang dulu hanya satu kali tanam, tapi sekarang bisa dua hingga tiga kali tanam,” sambungnya.

Baca Lainnya: Gara-gara Impor Beras, Presiden Jokowi Panggil Buwas dan Enggar

Pri Menix pun menilai upaya pemerintah yang terus menerus meningkatkan produksi beras dalam negeri merupakan pilihan yang bijak.  

Hal ini sangat beralasan karena dengan kondisi pasar beras dunia yang tipis yakni beras yang diperdagangkan tidak lebih dari 10% dari total produksi beras dunia, maka bagi Indonesia yang berpenduduk cukup besar dengan tingkat partisipasi konsumsi beras hampir 100%, pemenuhan kebutuhan beras yang bergantung pada impor sangat riskan terhadap ketahanan pangan nasional [SN].


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: