Lagi, Peneliti Beberkan Bukti Produksi Beras Dalam Negeri Surplus

TrubusNews
Isna Setyanova | Followers 0
11 Okt 2018   11:30

Komentar
Lagi, Peneliti Beberkan Bukti Produksi Beras Dalam Negeri Surplus

Ilustrasi Beras (Foto : Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Pro-kontra impor beras mengundang reaksi banyak pihak, termasuk para peneliti yang selalu mengamati langsung dengan terjun ke lapangan, salah satunya Pri Menix Dey.

Ditemui di Bogor, Kamis (11/10), peneliti dari Pusat Studi Bencana IPB itu menganggap sejumlah langkah Kementerian Pertanian (Kementan) terbukti mampu meningkatkan produksi pangan. Lebih dari itu, langkah terobosan Kementan terbukti mampu menjaga stabilitas harga sehingga kesejahteraan petani pun meningkat.

“Faktanya, melihat data BPS hasil rapat koordinasi bersama Kementan, pada tahun 2014 produksi padi di Indonesia mencapai 70,8 juta ton gabah kering giling. Produksi padi 2015 dan 2016 hingga 2017 pun terus mengalami peningkatan yakni masing-masing 75,4 juta ton, 79,4 juta ton dan pada pada tahun 2017 naik menjadi 81,1 juta ton gabah kering giling,” jelas Pri Menix.

Baca Lainnya: Darmin Minta BPS Tak Lagi Gunakan Data 'Gampangan' Terkait Harga Beras

Lebih detail, Pri Menix menjelaskan peningkatan produksi padi terus terjadi di tahun 2018. Ini dibuktikan dari Angka Ramalan (ARAM) I 2018 BPS, produksi padi di tahun 2018 diperkirakan meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 83,0 juta. Mengacu data produksi ini, diperkirakan pada tahun 2018 produksi beras mencapai 48 juta ton.  

Jika merujuk pada kebutuhan beras dalam negeri 30-33 juta ton/tahun maka produksi beras sudah jauh melebihi kebutuhan dalam negeri.

Baca Lainnya: Polemik Impor Beras, Data Siapa Paling Valid?

“Stok beras tidak hanya ada di gudang Bulog, tetapi juga ada di rumah tangga, industri, hotel, restoran, dan katering. Sehingga pada dasarnya kita tidak perlu impor. Bahkan dengan produksi sebesar itu, kita masih punya cukup banyak kelebihan beras untuk memenuhi kebutuhan tahun depan,” ujarnya. (SN) 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: