Gempa Landa Jatim, BPBD Situbondo Belum Terima Laporan Kerusakan

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Okt 2018   10:00 WIB

Komentar
Gempa Landa Jatim, BPBD Situbondo Belum Terima Laporan Kerusakan

Ilustrasi gempa (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan menyatakan, sampai saat ini belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan dan korban jiwa di Kabupaten Situbondo akibat gempa bumi berkekuatan 6,3 magnitudo.

"Sampai saat ini, kami masih terus berkoordinasi dengan tim di lapangan, tim mengungkapkan sementara belum ada kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat gempa tadi pagi," ucapnya di Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10).

Meski begitu, tim di lapangan masih terus melakukan penyisiran ke desa-desa untuk mengetahui dampak gempa bumi berkekuatan 6,3 magnitudo yang melanda Jawa Timur dan Bali, pada dini hari tadi.

Baca Lainnya : 13 Ribu Lebih Anak-anak di Situbondo Menderita Stunting

Berdasarkan hasil survei dan koordinasi, dikatakan Gatot, petugas belum menemukan kerusakan rumah atau korban jiwa akibat gempa bumi yang titik koordinatnya terletak pada 7,47 Lintang Selatan (LS) dan 114,43 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, pada kedalaman 12 kilometer.

"Ada informasi kerusakan melalui media sosial, namun setelah kami cek bukan di wilayah Situbondo. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah menyebar foto dan video jika belum jelas lokasinya," ucapnya lagi.

Sementara Ahmad Dhafir, salah seorang warga Dusun Pesisir, Kecamatan Jangkar mengungkapkan, guncangan gempa dirasakan sangat besar hingga membuat warga yang tinggal di pesisir timur Situbondo berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Baca Lainnya : Pemerintah Segera Garap Peta Mikrozonasi Gempa Bumi

"Kami bersama keluarga langsung beranjak keluar rumah, dan kami sangat kaget karena belum pernah merasakan guncangan gempa begitu besar. Alhamdulillah di kampung kami meskipun guncangan sangat kuat tidak sampai ada kerusakan akibat gempa," ujarnya.

Lebih lanjut Dhafir mengatakan, guncangan gempa bumi dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Situbondo selama 2-5 detik. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Korban Tewas Akibat Covid19 Bertambah Jadi 1.800 Orang

Peristiwa   18 Feb 2020 - 14:22 WIB
Bagikan: