BMKG Ungkap Gempa Situbondo Jenis Dangkal

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Okt 2018   10:29

Komentar
BMKG Ungkap Gempa Situbondo Jenis Dangkal

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id / Thomas Aquinus Krisnaldi)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi dengan magnitudo M=6,3 yang melanda Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis (11/10) pukul 01.44.57 WIB sebagai gempa jenis dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi di Situbondo merupakan jenis dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas patahan di zona back arc thrust," kata Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, di Jakarta, Kamis (11/10).

Baca Lainnya : Tiga Orang Meninggal Akibat Gempa Bumi M=6,3 di Jawa Timur dan Bali

Berdasarkan hasil analisis, gempa bumi di Laut Bali tersebut dibangkitkan oleh deformasi atau pemisahan batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik. Itulah kenapa, guncangan gempa bumi juga dirasakan di Denpasara, Bali, dalam skala intensitas III-IV MMI. Di wilayah Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram dan Pandaan, berada di angka III MMI.

"Masyarakat jangan panik. Tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi hoax," jelasnya.

 Baca Lainnya : Gempa Landa Jatim, BPBD Situbondo Belum Terima Laporan Kerusakan

Sementara itu, data yang diterima Trubus.id dari Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, hingga Kamis (11/10) pukul 10.00 WIB, tercatat tiga orang meninggal dunia dan delapan orang luka-luka akibat gempa bumi bermagnitudo M=6,3. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: