Tiga Orang Meninggal Akibat Gempa Bumi M=6,3 di Jawa Timur dan Bali

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
11 Okt 2018   07:13

Komentar
Tiga Orang Meninggal Akibat Gempa Bumi M=6,3 di Jawa Timur dan Bali

Daerah terparah terdampak gempa bumi di Jawa Timur ada di Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. (Foto : Dok BNPB)

Trubus.id -- Gempa bumi dengan magnitudo M=6,3 mengguncang Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10) pukul 01.57 WIB. Awalnya, gempa berkekuatan M=6,4 yang kemudian dimuktahirkan BMKG menjadi M=6,3

Berdasarkan laporan BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT. Tepatnya di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Walau gempa bumi tidak berpotensi tsunami, posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Data sementara yang diperoleh akibat gempa bumi ini, tiga orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah terparah ada di Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Jawa Timur.

“Korban meninggal tertimpa bangunan yang roboh. Saat kejadian, korban sedang tidur dan tak bisa menyelamatkan diri,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui pesan WhatsApp yang diterima Trubus.id, Kamis (11/10).

Sutopo melanjutkan, “Gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama dua hingga lima detik.”

Hingga saat ini, BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan terhadap kerusakan bangunan dan korban jiwa lainnya.

“Posko BNPB terus memantau perkembangan dampak gempa dan penanganannya. Diharapkan masyarakat jangan panik dan percaya berita bohong yang disebarluaskan orang tak bertanggung jawab,” jelasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: