Saat Berusia Dua Tahun, Bayi Beruang di BBKSDA Riau Akan Dilepasliarkan

TrubusNews
M. Syukur | Followers 0
10 Okt 2018   14:30

Komentar
Saat Berusia Dua Tahun, Bayi Beruang di BBKSDA Riau Akan Dilepasliarkan

(Foto : Kontributor Trubus.id/ M. Syukur)

Trubus.id -- Marsha, Madu dan Cemong merupakan tiga bayi beruang madu di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Mereka diserahkan dari tiga kabupaten berbeda. Usianya pun masih sangat belia. Marsha lima bulan, Cemong dua bulan dan Madu tiga bulan.

Marsha diserahkan oleh masyarakat dari Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu pada Agustus 2018 lalu. Sedangkan Madu dan Cemong diserahkan oleh karyawan PT Arara Abadi di Perawang lantaran ditinggalkan oleh induknya saat mendengar mendengar suara mesin penebang kayu perusahaan tersebut.

Baca Lainnya : Marsha, Madu dan Cemong, Tiga Beruang Mungil Penghuni Baru BBKSDA Riau

"Seharusnya, perusahaan yang areal operasinya terdapat beruang madu, melakukan survei terlebih dahulu sebelum panen. Jika ada beruang, perusahaan seharusnya pindah ke blok lain karena beruang merupakan satwa dilindungi. Saat ini, kondisinya terancam punah karena habitatnya dirusak," kata drh. Rini Deswita, dokter hewan di klinik BBKSDA Riau, Selasa (9/10).

Rini mengungkapkan jika nantinya, tiga bayi beruang tersebut akan dilepasliarkan jika usianya sudah menginjak dua tahun. Di usia tersebut, beruang sudah bisa mandiri dan mencari makan sendiri.

"Kalau masih bayi seperti sekarang, belum bisa. Menyusunya saja sampai usia 18 bulan," ucap Rini, yang juga ibu asuh Marsha, Madu dan Cemong.

Baca Lainnya : Sepasang Beruang Peneror Petani di Riau Berhasil Dievakuasi

Menurutnya, beruang madu merupakan satwa terancam punah, meski pun populasinya di Riau masih cukup banyak. Walau habitat aslinya tergusur oleh hutan tanaman industri, beruang masih menjadikan hutan buatan manusia itu sebagai tempat tinggal.

"Karena beruang akan tinggal di lokasi yang bisa menaunginya," kata Rini. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: