Teror Harimau Sumatra di Teluk Nibung Berakhir

TrubusNews
M. Syukur | Followers 0
10 Okt 2018   15:00

Komentar
Teror Harimau Sumatra di Teluk Nibung Berakhir

Harimau sumatra. (Foto : Pixabay/ Hans)

Trubus.id -- Harimau Sumatra yang sempat meresahkan warga di Dusun Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, sudah tidak lagi menampakkan belangnya.

Tim yang sebelumnya dikirim oleh BBKSDA Riau untuk memantau satwa liar tersebut sudah pulang ke Kota Pekanbaru dengan berbagai pertimbangan seperti sudah tidak kelihatan lagi sejak akhir September. Petugas sudah menyusuri kebun hingga hutan, tapi tidak ada perjumpaan.

"Makanya tim dipulangkan karena sudah dua kali ke sana dan harimau itu tidak kelihatan lagi," kata Mulyo Hutomo, Kepala Bidang I BBKSDA Riau kepada Trubus.id, Rabu (10/10).

Baca Lainnya : Intai Harimau di Teluk Nibung, BBKSDA Riau Pasang Dua Kamera di Kebun Warga

Selain itu, tim gabungan TNI dan Polri juga tidak menemukan lagi jejak harimau, baik di kebun, batas desa hingga hutan yang menjadi habitat satwa liar.

"Kamera pengintai juga tidak menangkap penampakan harimau. Di samping itu, tim sudah dua kali ke sana. Tempatnya jauh, tinggal di kampung, makanya ditarik," tambah Hutomo.

Sebelumnya, ia mengatakan jika hutan yang berbatasan dengan Dusun Teluk Nibung termasuk wilayah jelajah harimau. Meski masuk ke habitatnya, BBKSDA belum bisa memastikan berapa banyak individu harimau yang ada di sana.

"Dari jejak-jejak yang ditemukan, ukurannya sama. Kesimpulannya hanya satu," kata Hutomo.

Baca Lainnya : Hutan di Dusun Teluk Nibung Merupakan Habitat Harimau Sumatera

Menurutnya, harimau tersebut pernah sempat menyerang sapi dan kambing milik warga yang ada di pinggir hutan. Sapi dan kambing ternak dilepas ketika mencari makanan seperti rumput.

"Jadi, harimau itu tidak menyerang sapi dan kambing di perkampungan warga," jelasnya.

Sapi dan kambing yang diserang memang tak sampai dimakan. Warga keburu mengetahui ada serangan dan langsung menyembelih ternak karena mengalami luka serius di bagian pundak.

Baca Lainnya : Harimau yang Resahkan Warga Dusun Teluk Nibung Masih Belajar Berburu

Ke depannya, BBKSDA meminta warga untuk membuat kandang ternak dan tidak melepaskan sapi dan kambing ke pinggir hutan. Hal ini supaya tak ada lagi ternak warga yang menjadi korban lagi.

"Sudah disosialisasikan kepada warga oleh tim di lapangan dan aparat desa di sana," sebut Hutomo. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: