Marsha, Madu dan Cemong, Tiga Beruang Mungil Penghuni Baru BBKSDA Riau

TrubusNews
M. Syukur | Followers 0
10 Okt 2018   14:00

Komentar
Marsha, Madu dan Cemong, Tiga Beruang Mungil Penghuni Baru BBKSDA Riau

Marsha, Madu dan Cemong, tiga beruang mungil penghuni baru BBKSDA Riau. (Foto : Kontributor Trubus.id/ M. Syukur)

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima penyerahan tiga bayi beruang madu yang terpisah dari induknya. Tiga anak beruang itu berasal kabupaten berbeda dan masih berusia bulanan.

"Ini Marsha, Madu dan Cemong. Kalau Marsha usianya lima bulan, Madu tiga bulan, Cemong baru dua bulan," kata drh. Rini Deswita, ibu asuh satwa berkuku panjang itu, Selasa (9/10) malam.

Menurut Rini, Marsha dan Cemong berjenis kelamin betina. Sedangkan Madu berjenis kelamin jantan. Marsha berasal dari Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Diserahkan masyarakat setempat pada Agustus 2018 lalu.

Baca Lainnya : Seminggu Ini Dusun Terpencil di Riau Diteror Kawanan Beruang Madu

"Ketika diserahkan, kondisinya cukup stabil, walau belum mau minum susu secara rutin. Lama kelamaan makin banyak minum susunya dan cepat," terang Rini, dokter hewan di klinik BBKSDA Riau.

Untuk Madu, diserahkan karyawan PT Arara Abadi di Perawang, Kabupaten Siak pada 12 September lalu.

"Begitu juga dengan Cemong, diserahkan dari perusahaan sama yang beroperasi di Pangkalan Kuras pada 8 Oktober kemarin," ucap Rini.

Ia mengungkapkan jika Madu dan Cemong harus terpisah dari keluarga aslinya lantaran sang induk lari saat mesin penebang kayu perusahaan itu memanen hutan tanaman industri.

Baca Lainnya : Sepasang Beruang Peneror Petani di Riau Berhasil Dievakuasi

"Karyawan di sana sempat menunggu beberapa saat, berharap induknya datang lagi. Karena induknya tidak datang dan takut dimangsa satwa lainnya, karyawan mengambilnya," ujarnya.

Ketika diserahkan, kondisi Madu agak lemah. Beberapa hari selama penyembuhan, bayi beruang ini dikasih vitamin hingga akhirnya mau minum susu. Sejak itu, Madu terkenal paling lahap minum susu dibanding dua anak beruang lainnya.

"Sementara Cemong, sampai sekarang belum terbiasa minum susu yang kami berikan. Susu buatan manusia," kata Rini. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: