Riset Terbaru LIPI, Pemanfaatan Biomassa dari Kelapa Sawit dan Tebu untuk Bioethanol

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Okt 2018   12:30

Komentar
Riset Terbaru LIPI, Pemanfaatan Biomassa dari Kelapa Sawit dan Tebu untuk Bioethanol

Limbah sawit. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna mewujudkan produksi energi alternatif dari biomassa yang lebih murah dan efisien, ilmuwan dari lembaga ilmu penelitian Indonesia (LIPI) telah bekerja sama dalam konsorsium untuk melaksanakan riset biorefineri secara terpadu. Yang tergabung dalam konsorsium LIPI ialah Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Biomaterial dan Pusat Penelitian Kimia.

"Konsorsium ini mendapat dukungan dari program JST-JICA SATREPS Project," kata Yopi, peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang juga manajer proyek biorefineri, saat ditemui Trubus.id di Bogor, Rabu (10/10).

Baca Lainnya : Teknologi Biorefineri Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil

Saat ini, riset yang sedang dikerjakan ialah pengembangan biorefineri terpadu dengan dasar pemanfaatan biomassa dari industri kelapa sawit dan tebu untuk produksi bioethanol serta bioplastik dari mikroba lokal.

"Kami berharap teknologi biorefineri terus dikembangkan melalui jalinan kerja sama riset yang lebih luas. Agar dapat berbagi pengetahuan terkait bidang bioproses biorefineri antara sesama peneliti Indonesia dan luar negeri serta sektor industri,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil riset terpadu konsorsium, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI telah mendapatkan sertifikat sebagai Pusat Unggulan Iptek Biorefineri Terpadu dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: