Hasil Kajian di 40 Desa, Inilah Bantuan yang Dibutuhkan Korban Bencana Pascagempa Palu

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
10 Okt 2018   07:59

Komentar
Hasil Kajian di 40 Desa, Inilah Bantuan yang Dibutuhkan Korban Bencana Pascagempa Palu

Kerusakan akibat gempa di Palu (Foto : Thomas Aquinus/ Trubus.id)

Trubus.id -- Ketua Tim Emergency Response Bina Swadaya (ERBSw) Agung Prasetio mengungkapkan, 11 hari pascabencana warga masih membutuhkan bantuan penunjang hidup  selama di lokasi pengungsian.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah sektor shelter yang mendukung tempat tinggal pengungsian. Apalagi, akhir-akhir ini beberapa titik Kota Palu maupun di Sigi sudah turun hujan walaupun gerimis, belum merata dan deras, " kata Agung Selasa, (09/10)

Saat ini sebagian besar korban bencana tinggal di tempat pengungsian dengan mendirikan tenda darurat. Untuk itu, Agung rekomendasikan bantuan seperti tenda atau terpal yang lebih baik lagi.

"Masyarakat mendirikan tenda darurat dengan menggunakan atap dari terpal dan alas dari terpal seadanya, bahkan tidak menggunakan alas," ujar Agung.

Baca Lainnya: Bina Swadaya Lakukan Restorasi Desa di 10 Kecamatan

Selain tempat tinggal yang layak. Agung juga mengungkapkan kebutuhan sektor lain yang sangat dibutuhkan salah satunya adalah sarana air bersih.

"Sangat penting juga perlengkapan tidur, sarana air bersih seperti purifier, sanitasi atau jamban darurat hingga hygiene kit untuk kebutuhan korban selama di pengungsian," jelasnya.

Rekomendasi ini berdasarkan assesment yang dilakukan Bina Swadaya bersama jaringan Emergency Response Capacity Building (ERCB). ERCB sendiri terdiri dari beberapa lembaga yang telah melakukan assesment di 40 desa dan menyimpulkan tingkat kerusakan rumah dan sarana umum di lokasi mencapai 70% sampai 90%.

Tindak lanjut dari hasil assesment tim ERCB dikatakan Agung akan diwujudkan dengan memberi bantuan cepat dan pendampingan selama 4 sampai 6 bulan. Rencananya ERCB akan fokus di 10 desa yang tersebar di 3 lokasi, Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Sigi. [NN/SN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: