Kerugian di Sektor Pertanian Akibat Gempa dan Tsunami Sulteng Mencapai Rp36 Miliar

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
07 Okt 2018   14:00

Komentar
Kerugian di Sektor Pertanian Akibat Gempa dan Tsunami Sulteng Mencapai Rp36 Miliar

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, saat meninjau lokasi lahan dan infrastruktur pertanian terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto : Dok. Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Pada Kamis (4/10) kemarin, Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, melakukan kunjungan ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk meninjau lokasi lahan dan infrastruktur pertanian yang terdampak gempa dan tsunami.

Untuk mengindentifikasi dan merehabilitasi sektor pertanian yang rusak karena gempa bumi dan tsunami, Kementerian Pertaniah telah mendirikan posko-posko yang tersebar di 40 lokasi di Palu, Sigi, dan Donggala. Alokasi APBN sudah disiapkan untuk bantuan benih dan alat mesin pertanian.

Baca Lainnya : Kementan Akan Ganti Kerusakan Lahan Pertanian Korban Gempa Sulteng

"Bagi yang sawah dan kebunnya rusak akan diberikan bantuan pupuk, bibit, alat mesin pertanian dalam bentuk brigade dan sebagainya. Kami akan inventarisasi langsung untuk mengetahui tingkat kerusakan dan memberikan bantuan produksi tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura bisa kembali dijalankan," kata Amran melalui surat keterangan pers, Minggu (7/10).

Baca Lainnya : Sentra Pertanian di Palu Rusak Parah, Tapi Tak Pengaruhi Stok Pangan Nasional

Hingga saat ini, menurut data yang diperoleh Kementerian Pertanian, lahan persawahan yang rusak di wilayah Donggala mencapai 1.653 hektare dengan potensi kerugian Rp14.350.000.000. Di Sigi, 7.909 hektare lahan persawahan rusak dengan potensi kerugian mencapai Rp21.970.800.000. Sementara di Palu, lahan yang rusak seluas 156 hektare dengan kerugian sekitar Rp179.775.000

"Total, sebanyak 9.718 hektare lahan persawahan rusak di Donggala, Sigi, dan Palu dengan kerugian mencapai Rp36.500.575.000," jelas Amran. [DF/SN]

 

 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: