Sesuai Prosedur, 3 Hari Lagi Proses Pencarian Korban di Sulteng Akan Dihentikan

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Okt 2018   21:00 WIB

Komentar
Sesuai Prosedur, 3 Hari Lagi Proses Pencarian Korban di Sulteng Akan Dihentikan

Proses evakuasi korban gempa Sulteng. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo di Donggala, memicu gelombang tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9) lalu. Pascabencana, pemerintah menetapkan status tanggap darurat di Sulteng selama 14 hari atau tepatnya hingga 11 Okober 2018 mendatang. 

Namun demikian, waktu yang ditentukan untuk pencarian korban hanya ditentukan selama 10 hari. Ini artinya, proses pencarian akan berakhir tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, berdasarkan prosedur dari Basarnas, pencarian korban hanya akan dilakukan tujuh hari pascabencana. Tapi Sutopo menjelaskan, masa pencarian korban akhirnya diperpanjang hingga tiga hari.

Baca Lainnya : Pencarian Korban Gempa dan Tsunami Difokuskan di 9 Titik di Kota Palu

“Itu sesuai dengan mekanismenya. Karena dalam proses pencarian, di atas 10 hari korban diperkirakan sudah meninggal dunia,” jelas Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (5/10).

Namun meski pencarian korban dibatasi, status tanggap darurat justru bisa diperpanjang lagi. Namun perpanjangan status tanggap darurat ini hanya bisa dilakukan oleh seorang kepala daerah. 

Baca Lainnya : BNPB Terus Lakukan Penanganan Darurat Pascatsunami

“Memang masa tanggap darurat pertama adalah 14 hari. Kemungkinan akan diperpanjang, nanti akan disampaikan hasil koordinasi kepada gubernur sebagai kepala daerah. Kepala daerah dapat melanjutkan masa tanggap darurat untuk pencarian korban,” jelasnya.

Dalam masa penambahan tersebut, tim SAR gabungan yang dikerahkan untuk mencari korban akan dikurangi. Begitu pula dengan kekuatannya.

“Artinya, selama 10 hari seluruh kekuatan yang ada dikerahkan untuk mencari korban. Selama 10 hari, akan dilanjutkan lagi mungkin tujuh hari atau empat hari sehingga total 14 hari. Tetapi kekuatan yang ada dikurangi,” tutupnya. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: