Cegah Penyakit Pascagempa, Tim Medis Lakukan Desinfeksi di Palu

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Okt 2018   08:51 WIB

Komentar
Cegah Penyakit Pascagempa, Tim Medis Lakukan Desinfeksi di Palu

Tim Medis Lakukan Desinfeksi di Palu (Foto : Dok. Humas Kementerian Kesehatan)

Trubus.id -- Tenaga kesehatan yang terdiri dari tim Kesehatan Lingkungan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Makassar melakukan desinfeksi di Rumah Sakit Undata, Palu. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit ke manusia.

Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah memicu penyebaran kuman atau mikroorganisme patogen. Mikroorganisme tersebut dapat menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit.

Baca Lainnya: Jumlah Toilet Minim, Pengungsi Gempa Palu Terancam Penyakit

Penyakit tersebut dapat menular melalui mulut atau dengan menghirup udara, atau melalui luka dan dapat menyebabkan infeksi. Karena itu, desinfeksi perlu dilakukan, dan tadi siang telah dilakukan desinfeksi oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit Undata.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Kesehatan yang diterima Trubus.id, Jumat (5/10), desinfeksi itu dilakukan untuk membunuh kuman atau mikroorganisme patogen yang ada di sekitar RS Undata. Penyemprotan desinfeksi ini bisa mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit pada masyarakat terlebih yang berada di pengungsian.

Baca Lainnya: Akankah Jakarta Terkubur oleh Gempa Sunda Megathrust?

Selanjutnya, desinfeksi akan dilakukan di wilayah lainnya. Hal ini sebagai upaya SDM bidang kesehatan dalam menjaga kesehatan masyarakat agar mereka bisa bertahan dalam situasi pasca gempa seperti saat ini.[KW]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan: