Pencarian Korban Gempa dan Tsunami Difokuskan di 9 Titik di Kota Palu

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Okt 2018   20:00 WIB

Komentar
Pencarian Korban Gempa dan Tsunami Difokuskan di 9 Titik di Kota Palu

Kepala Pusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Tim gabungan yang terdiri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI dan Polri yang dikoordinir oleh Basarnas, akan fokus pada evakuasi dan pencarian korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah pada 9 titik yang tersebar di Kota Palu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat ditemui dikantornya, Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (4/10) tadi mengatakan, evakuasi korban saat ini difokuskan di Hotel Roa-roa, Perumnas Petobo, Hotel Mercure, Jalan Kartini, dan Jalan Talise, dan beberapa wilayah lainnya.

"Evakuasi korban saat ini fokus di sembilan titik. Semuanya masih berada di wilayah Kota Palu," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (4/10).

Baca Lainnya : Korban Tewas Bencana Sulteng Capai 1.424 Jiwa, Penanganan Masih Berlanjut

Lebih lanjut ia menjelaskan, di hari ke-enam pascagempa dan tsunami, sebanyak 120 warga negara asing telah dievakuasi. Sedangkan untuk seorang Warga Negara Korea yang dilaporkan belum kembali, Sutopo mengaku sampai saat ini belum ditemukan.

“Diperkirakan untuk satu orang warga negara Korea masih tertimbun di reruntuhan Hotel Roa-roa,” lanjutnya lagi.

Sutopo mengaku penanganan bencana di Sulawesi Tengah kian membaik setiap harinya, terbukti melalui banyaknya angka petugas tanggap darurat yang dikerahkan.

Baca Lainnya : BNPB Terus Lakukan Penanganan Darurat Pascatsunami

“Jumlah petugas yang dikerahkan untuk tanggap darurat telah mencapai angka lebih dri 67 ribu personel. Kalau kita lihat dari hari ke hari penanganan jauh lebih baik,” tambahnya.

Ia melaporkan bahwa saat ini sebanyak 25 unit alat berat telah beroperasi di Sulawesi Tengah yang tersebar disejumlah titik.

“Alat berat yang beroperasi diprioritaskan mencari korban yang tertimbun dan membersihkan puing-puing bangunan,” paparnya.

Sedangkan 21 unit alat berat tambahan masih dalam perjalanan menuju titik terdampak gempa. [RN]

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: