Erupsi Soputan Tidak Berkaitan dengan Gempa Donggala

TrubusNews
Binsar Marulitua
04 Okt 2018   11:30 WIB

Komentar
Erupsi Soputan Tidak Berkaitan dengan Gempa Donggala

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan erupsi Gunung Soputan di Sulawesi Utara tidak terkait maupun memiliki aksi reaksi dengan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Gunung yang memiliki ketinggian 1784 meter di atas pemukaan laut tersebut memiliki siklus tersendiri. 

"Gunung Soputan memiliki siklusnya tersendiri, terakhir meletus pada tahun 2015. Terlebih menempel berita hoax letusan Gunung Kileua, Hawai dengan Gunung Soputan, Orang kok begitu teganya menyebarkan kebohongan. Apa tidak takut di akherat nanti ya," jelas Sutopo, Di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (3/4). 

Baca Lainnya: Akankah Jakarta Terkubur oleh Gempa Sunda Megathrust?

Sutopo menjelaskan, sebelumnya pada pukul 08.00 Wita  Gunung Soputan meletus dan melontarkan abu vulkanik dengan intensitas tebal mencapai ketinggian 4.000 meter. Sedangkan letusan yang kedua pukul 11.12 Wita dengan tinggi 2500 meter. Tidak ada korban jiwa karena sampai saat ini statusnya Siaga III. 

"Daerah berbahaya hanya 4 km dari puncak kawahnya. dan di dalam radius 4 km tidak ada permukiman. Hujan abu dominnan ke arah barat dan barat laut," tambahnya.

Baca Lainnya: 5 Gempa Megathrust Terdahsyat Abad Ini

Ia menjelaskan abu Soputan tidak sampai mengarah ke Bandara Palu, sehinnga tidak menggangu penerbangan dan aktivitas evakuasi di Sulawesi Tengah. Tidak juga mengarah ke bandara Sam Ratulangi sehingga tidak menggangu aktivitas penerbangan 

"Tersebar banyak sekali permainan photoshop yang disertai asumsi media pun ramai memberitakan. Saya mohon kepada media untuk tidak mencari data dan tetap berpegang pada sumber sumber resmi, untuk mengklarifikasi, " jelas Sutopo. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: