Jawa Barat Kekeringan, Ridwan Kamil Imbau Warga Hemat Air

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Okt 2018   13:00 WIB

Komentar
Jawa Barat Kekeringan, Ridwan Kamil Imbau Warga Hemat Air

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. (Foto : Portal Bandung)

Saat ini, sebagian wilayah di Jawa Barat mengalami kekeringan. Sejumlah waduk menjadi kering. Oleh karena itu, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat meminta masyarakat untuk menghemat penggunaan air.

Sebelumnya, Emil telah mengamati kondisi sungai-sungai yang mengalami kekeringan seperti Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. Akibat musim kemarau, air di Waduk Jatiluhur turun hingga delapan meter. Penurunan volume air juga terjadi di Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang.

“Kemarin saya ikut monitor langsung di beberapa lokasi sungai-sungai yang kering. Jadi, kami mengimbau warga untuk menghemat air semaksimal mungkin,” kata Kang Emil, biasa pria ini disapa, Kamis (4/10).

Baca Lainnya : 11 Kabupaten di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

Untuk menanggulangi kekeringan, Emil mengaku jika dirinya telah menginstruksikan PDAM untuk memberikan tangki air untuk memasok air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan paling parah.

"Akan juga dicek ke BMKG apakah tren ini normal atau ada fenomena alam yang perlu diwaspadai pada waktu mendatang. Empat bulan terakhir, air di Waduk Jatigede surut. Kondisi ini dipengaruhi oleh berkurangnya pasokan air dari hulu Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut akibat musim kemarau," jelas Emil.

Menurutnya, upaya pemulihan daerah aliran sungai (DAS) dan antisipasi kekeringan sudah direncanakan pemerintah pusat dengan mengalokasikan Rp280 miliar pada 2017 lalu untuk konservasi hulu Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk. Hanya saja, perkembangannya belum signifikan hingga saat ini.

Baca Lainnya : 13 Kecamatan di Kabupaten Serang Kekeringan, 3 Titik jadi Perhatian Serius

Emil mengungkapkan jika Waduk Jatigede merupakan sumber irigasi lahan pertanian di Indramayu, Majalengka dan Cirebon yang mencapai 90.000 hektare. Indramayu merupakan kabupaten penghasil beras terbesar di Indonesia dengan 1,7 juta ton gabah per tahunnya.

Selain itu, Waduk Jatigede seluas 4.983 hektare ini merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta. Waduk Jatigede dibangun untuk menampung air sebanyak 980 juta meter kubik agar bisa memenuhi pasokan air di sektor pertanian. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: