Sejarah Hari Binatang Sedunia, Apa Tujuannya?

TrubusNews
Karmin Winarta
04 Okt 2018   10:31 WIB

Komentar
Sejarah Hari Binatang Sedunia, Apa Tujuannya?

Kucing, salah satu hewan piaraan yang sangat akrab dengan kita (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa orang tidak menyadari,  hari ini Kamis (4/10) adalah hari binatang sedunia. Banyak komunitas pecinta binatang merayakan hari ini secara khusus. Misalnya di Korea Selatan, para pecinta binatang di negeri ginseng ini membuat petisi agar presiden Moon jae-in melarang warganya mengonsumsi hewan, khususnya anjing.

Setiap tahun peringatan hari hewan sedunia dilaksanakan di banyak negara dengan cara yang berbeda. Namun tujuan mereka sama, yakni untuk meningkatkan kesadaran kita, semua hewan juga perlu sejahtera dalam hidupnya.

Dengan adanya peringatan ini, para pecinta binatang mampu meningkatkan kenyamanan dan keselamatan hewan dan menjadikan dunia ini sebagai tempat yang nyaman untuk mereka.

Baca Lainnya: 6 Fakta Sloth, Binatang Lambat yang Jago Berenang

Sampai hari ini masih sering kita membaca atau melihat sebagian orang yang memperlakukan binatang dengan semena-mena. Mereka menelantarkan bahkan menghabisi habitatnya. 

Peringatan hari hewan sedunia awalnya dirayakan di Berlin. Ide ini datang dari seorang penulis majalah 'Mensch und Hund' (Man and Dog). Karena cintanya pada binatang, pria yang bernama Heinrich Zimmermann ini menggelar hari binatang sedunia pada 24 Maret 1925.

Acara yang diadakan di sebuah gedung serba guna ini sukses, dihadiri sebanyak 5000 orang. Namun sebenarnya peringatan ini akan dilakukan pada 4 Oktober. Tanggal ini dipilih bukan tanpa alasan. Tanggal ini merujuk pada perayaan Santo Fransiskus Assisi yang terkenal sangat mencintai alam. Perayaan ini gagal karena tidak mendapatkan tempat.

Baca Lainnya: Jaguar Segera Punah Gara-gara Dijual Jadi Obat Kuat

Akhirnya peringatan hari hewan baru bisa digelar tanggal 4 Oktober untuk pertama kalinya pada 1929. Saat itu peringatan ini hanya diikuti oleh pecinta binatang dari Jerman, Austria, Swiss dan Cekoslowakia.

Saat itu hari hewan belum begitu dikenal. Namun Zimmermann terus berusaha mempromosikan Hari Binatang Sedunia tanpa kenal lelah. Baru pada Mei 1931, Kongres Perlindungan Binatang Internasional meresmikan tanggal 4 Oktober sebagai perayaan Hari Binatang Dunia.  

Sekarang, semua penyayang binatang di seluruh dunia merayakan hari binatang sedunia. Banyak dari mereka menggelar bazaar dan menggalang dana untuk kesejahteraan binatang yang dicintainya. [KW]

 

 , ,

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: