Belum Bisa Dipadamkan, 355 Hektare Lahan di Gunung Ciremai Habis Terbakar

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Okt 2018   09:45 WIB

Komentar
Belum Bisa Dipadamkan, 355 Hektare Lahan di Gunung Ciremai Habis Terbakar

Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat, terbakar. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran yang melanda kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kian meluas.

Berdasarkan laporan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, total luasan kawasan hutan di Gunung Ciremai yang terbakar telah mencapai 355,25 hektare.

"Kawasan hutan yang terbakar sementara diperkirakan seluas 355,25 hektare. Api sampai saat ini belum bisa dipadamkan," kata Agus di Kuningan, Jawa Barat, Kamis (4/10).

Baca Lainnya : 144 Hektare Gunung Ciremai Ludes Dilumat Api 

Saat ini, tim BPBD tengah melakukan pemetaan dan penyisiran di sejumlah wilayah seperti Batu Arca ke Gunung Dulang, Cileutik dan Karangdinding dengan akses dari Cileutik Pasawahan serta daerah Gunung Dulang ke arah Barat.

"Kita fokuskan melakukan pemetaan di daerah itu karena kobaran api semakin meluas," ujarnya lagi.

Menurut Agus, titik api teramati masih berkobar di sebelah timur ujung Karangdinding. Hingga Kamis (4/10), upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim gabungan dan juga para relawan.

Baca Lainnya : Lagi, Kawasan Gunung Ciremai Dilalap Api

“Tim gabungan dan relawan, TNGC dan ranger sebanyak 20 orang yang melalui akses Cileutik Pasawahan," sambungnya.

Diakui Agus, tim pemadam gabungan di lapangan kesulitan melakukan upaya pemadaman karena medan yang harus dilalui berbukit, didominasi tumbuhan alang-alang dan perdu mengering. Selain itu, kondisi lahan berbatu dan luasnya area kebakaran di Gunung Ciremai menjadi kendala tim melakukan pemadaman. [DF]
 
 
 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: