Hingga Kamis Pagi, Gunung Soputan Masih Erupsi

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Okt 2018   09:15 WIB

Komentar
Hingga Kamis Pagi, Gunung Soputan Masih Erupsi

Gunung Soputan di Sulawesi Utara. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hingga Kamis (4/10), Gunung Soputan di Sulawesi Utara masih erupsi. Awan panas yang dikeluarkan Gunung Soputan membuat kepulan abu dengan ketinggian mencapai 2.000 meter dari puncak gunung.

"Sejak dini hari tadi sampai pagi ini masih terjadi letusan," terang Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan, Asep Saifullah di Silian, Sulawesi Utara, Kamis (4/10).

Menurut Asep, pada pukul 04.09 WITA, teramati kepulan awan panas yang mengarah ke timur laut dari puncak gunung. Disertai letusan stromboli setinggi 100 sampai 200 meter.

Baca Lainnya : Gunung Soputan Meletus, Tinggi Abu Vulkanik 4 Kilometer

"Kepulan asap putih kelabu juga terlihat dari puncak gunung. Estimasi ketinggian berkisar 1.000 sampai 2.000 meter," katanya.

Sementara itu, pada pukul 06.36 WITA, terjadi lagi letusan dengan semburan abu setinggi 1.500 meter dari puncak gunung. Kali ini, abu vulkanik mengarah ke Minahasa Selatan.

"Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Condong ke barat dan barat laut," ujar Asep.

Baca Lainnya : Usai Erupsi Gunung Soputan Semburkan Abu Capai 5 Km

Letusan ini menimbulkan suara gemuruh, terdengar hingga pos pemantau yang berjarak sekitar 10 kilometer dari puncak gunung. Warga dan pendaki dilarang melakukan aktivitas apa pun di radius empat kilometer puncak gunung.

Lantaran semburan abu vulkanik mengarah ke Minahasa Selatan, Bupati Minahasa, Royke, mengimbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta mulai membagikan masker kepada warga. [DF]
 
 
 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: