Usai Erupsi Gunung Soputan Semburkan Abu Capai 5 Km

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Okt 2018   15:30 WIB

Komentar
Usai Erupsi Gunung Soputan Semburkan Abu Capai 5 Km

Gunung Soputan di Sulawesi Utara (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Erupsi Gunung Soputan di Sulawesi Utara terus alami peningkatan. Siang ini, kolom abu teramati semakin meningkat, saat ini ketinggian kolom abu telah mencapai 5 kilometer di atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 12 menit 35 detik," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/10).

Menurutnya saat ini Gunung Soputan yang terus erupsi itu berada pada Level III atau siaga. Kondisi ini membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun pada radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan, dan di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah, untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

Baca Lainnya: Gunung Soputan Meletus, Tinggi Abu Vulkanik 4 Kilometer

"Masyarakat di sekitar Gunung Soputan juga diimbau untuk menyiapkan masker guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu," ucapnya lagi.

Selain itu, Kasbani juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi, yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan. Seperti, Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: