Polres Purwakarta Buru Pembuang Limbah Medis di Bantaran Sungai Ciherang

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Okt 2018   13:30 WIB

Komentar
Polres Purwakarta Buru Pembuang Limbah Medis di Bantaran Sungai Ciherang

Limbah medis (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Polres Kabupaten Purwakarta tengah menyelidiki pelaku pembuangan limbah medis mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) yang menumpuk di bantaran Sungai Ciherang, Kelurahan Munjul, Purwakarta, Jawa Barat.

"Bersama Dinas Kesehatan Purwakarta, kami telah melakukan olah tempat kejadian perkara soal kasus pembuangan limbah medis di bantaran Sungai Ciherang," kata Iptu Budi Suheri, Kanit Tindak Pidana Tertentu Satreskrim Polres Purwakarta, Rabu (3/10).

Menurut Budi, Dinas Kesehatan Purwakarta akan terus mendalami kasus pembuangan limbah medis mengandung bahan B3 membahayakan.

Baca Lainnya : Terduga Pelaku Pembuang Limbah Medis di Karawang, Diamankan Polisi

"Kami akan mencari tahu dari mana asalnya karena ini berkaitan dengan kejahatan lingkungan," terang Budi di Purwakarta.

Ia melanjutkan, "Jika dalam penyelidikan kami menemukan rumah sakit, puskesmas atau klinik di Purwakarta yang sengaja membuang limbah medis sembarangan, akan ditindak tegas dengan pencabutan izin praktek."

Sementara itu, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Purwakarta, Iman Munadjat, mengungkapkan jika limbah medis tidak boleh dibuang sembarangan, apalagi di bantaran Sungai Ciherang. Bagaimana pun, aliran Sungai Ciherang akan mengalir ke Sungai Citarum.

Baca Lainnya : Buang Limbah Medis Sembarangan, Bisa Didenda Rp3 Miliar

"Limbah medis itu mengandung bakteri dan virus berbahaya. Untuk itu, Polres Purwakarta akan mencari pelaku yang membuang limbah medis untuk bertanggung jawab," kata Imam.

Awalnya, limbah medis yang dibuang di bantaran Sungai Ciherang ditemukan warga sekitar. Mereka kemudian melaporkannya ke pihak kepolisian setempat. Limbah medis yang berceceran itu terdiri dari beragam jenis seperti jarum suntik bekas, obat obatan dan serum yang berbahaya bagi kesehatan manusia. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: