Akankah Jakarta Terkubur oleh Gempa Sunda Megathrust?

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
03 Okt 2018   12:31

Komentar
Akankah Jakarta Terkubur oleh Gempa Sunda Megathrust?

Akhmad Solikhin, Ka sub Bid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) (Foto : Istimewa)

Sejak beberapa tahun lalu isu gempa Sunda Megathrust telah muncul. Dengan adanya gempa Lombok lalu gempa Palu dan Donggala kekhawatiran adanya gempa maha dahsyat itu kini muncul lagi.

Menurut Akhmad Solikhin, Ka Sub Bid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Wilayah Barat, PVMBG,  yang dimaksud megathrust Selat Sunda itu sesar naik dengan ukuran yang besar yang berpotensi gempa bumi lebih dari 8 Skala Rchter. Megathrust ini terbentuk dalam zona subduksi (tumbukan lempeng). Pertemuan dua lempeng dimana salah satunya menghunjam atau menyusup lempeng yang satunya lagi.

Baca Lainnya: Siapkah Jakarta Menghadapi Gempa Bumi Megathrust M 8,7

"Dari sepanjang Sumatra sampai selatan Jawa ini,  zona megathrust ini memanjang namun tersegmentasi. Jadi kita bisa ukur panjangnya, kita bisa ukur potensi panjangnya, gempa maksimumnya, "katanya kepada Trubus.id, Rabu (3/10).

Laki-laki ini menambahkan, salah satu segemen zona megathrust ini berada di selatan Selat Sunda, sehingga disebut Megathrust Selat Sunda. Menurutnya potensi gempa maksumumnya bisa mencapai 8,7 SR.

Baca Lainnya: Ini 7 Prioritas Penanggulangan Bencana Gempa Donggala dan Tsunami Palu

Zona Megathrust ini berada di selatan Selat Sunda, beberapa kilometer ke arah selatannya, tidak termasuk Jakarta. Menurutnya jika terjadi gempa skala 8 SR getarannya bisa terasa sampai Jakarta, namun tidak sampai merusak.

"Guncangan yang besar terjadi di dekat perairan Selat Sunda seperti selatan Banten. Jika terjadi gempa,  berpotensi menimbulkan tsunami jika pusat gempanya lebih dangkal, misalnya dibawah 30, " katanya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: