122 WNA Berhasil Dievakuasi dari Zona Bencana Donggala dan Palu

TrubusNews
Binsar Marulitua
02 Okt 2018   20:15 WIB

Komentar
122 WNA Berhasil Dievakuasi dari Zona Bencana Donggala dan Palu

Diskusi penanganan gempa-tsunami Palu di Forum Merdeka Barat9. (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI terkait dengan nasib 122 Warga Negara Asing yang berada di Donggala dan Palu saat gempa bumi yang disusul tsunami terjadi di wilayah itu pada Jumat (28/9) pekan lalu.

"Evakuasi  warga negara asing yang berkordinasi dengan Kemenlu tercatat 122 Jiwa. Di Palu dan donggala 120 sudah teridentifikasi dan berhasil dihubungi dan sudah diketahui namanya," jelas Sutopo di Gedung Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (2/10).

Baca Lainnya : Bayi Korban Tsunami Palu yang di Temukan di Parit, Kembali ke Pelukan Orangtuanya

Sutopo menambahkan, satu orang warga Korea sudah berada di luar wilayah Donggala dan Palu sedangkan satu korban lainnya masih dalam pencarian.

"30 Orang dua orang Thailand tidak mau dievakuasi. Karena alasan pribadi," tambahnya.

Hingga Selasa pukul 17.00 WIB,  korban tewas sudah mencapai setidaknya 1.347 orang, termasuk 34 pelajar yang ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan gereja di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa (1/10) pagi.

Baca Lainnya : Ribuan Korban Gempa Masih Tertimbun di Palu dan Sigi

"Adapun yang hilang 113 orang, dan masih ada beberapa jenazah yang masih tertimbun, dan kita masih belum tahu berapa jumlahnya," tambahnya.

Menurut Sutopo, saat ini BNPB masih berfokus pada upaya pencarian dan penyelamatan.

"Kita mengarahkan SDM mulai Basarnas, TNI, Polri, relawan, dan yang mengoperasikan alat berat adalah dari PUPR: Semua kita kerahkan untuk evakuasi," jelasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: