Jokowi Janji Bayar Kerugian Toko yang Dijarah Korban Gempa

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
01 Okt 2018   12:30

Komentar
Jokowi Janji Bayar Kerugian Toko yang Dijarah Korban Gempa

Presiden Jokowi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan tetap membayar minimarket, ritel makanan lainnya yang dijarah oleh para korban gempa Palu dan Donggala.  Berbagai bantuan yang sangat diharapkan oleh ribuan warga, mulai dari air, makanan, hingga kebutuhan poko lainnya sudah berdatangan, namun masih ada daerah yang belum terjangkau. 

"Ada Penjarahan di Palu, nanti kami (Pemerintah) yang bayar," jelas Jokowi usai menghadiri Upacara HAri Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Senin (1/10). 

Baca Lainnya: Ingin Bantu Korban Gempa Donggala dan Tsunami Palu? Ini Kebutuhan Mendesak Mereka

Jokowi mengatakan problema yang dihadapi berdasarkan pantauannya adalah sebaran bantuan makanan dan air. Semua masyarakat syok toko-toko semuanya tutup, dan air menjadi masalah karena listrik tidak ada yang hidup. Kenapa listrik tidak ada? dari tujuh gardu lima diantaranya rusak dan dua lainnya memang bisa bekerja tetapi tidak maksimal. 

Baca Lainnya: Fasilitas Transportasi di Palu Diutamakan Untuk Kemanusiaan

Masalahah lainnya yang jadi prioritas untuk diselesaikan adalah distribusi BBM. Karena bandara belum bisa difungsikan secara maksimal. Hanya 2000 meter "run away" yang bisa beroperasi. Tapi, BBM diharapkan bisa masuk ke palu hari ini karena pesawat khusus tangki BBM sudah bisa diarahkan ke sana. 

"Hari sejumlah alat berat sudah sampai dan akses jalan sudah mulai terbuka, " tambahnya. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: