Usai Palu-Donggala, Gempa juga Terjadi di Ambon, Majane dan Blitar

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Okt 2018   11:30 WIB

Komentar
Usai Palu-Donggala, Gempa juga Terjadi di Ambon, Majane dan Blitar

Gempa juga Terjadi di Ambon, Majane dan Blitar (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai gempa dahyat berkekuatan 7,7 magnitudo yang terjadi di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menginformasikan gempa terjadi di Ambon, Majane, dan Blitar.

Gempa yang mengguncang di tiga lokasi berbeda ini disebut BMKG tak berpotensi tsunami seperti yang terjadi di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu.

Melalui akun Twitter resmi BMKG, @infobmkg, Minggu (30/9) malam sampai Senin (1/10) pagi, gempa terjadi di tiga lokasi berikut:

Gempa Kairatu, Ambon

Minggu (30/9) gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kairatu, Ambon. Hal ini disampaikan oleh Abraham F. Mustamu, S.Si, M.M, Kepala Stasiun Geofisika Ambon. Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi yang melanda Ambon terjadi pada pukul 23.29 WIT dengan kekuatan 3,0 magnitudo.

Titik koordinat berada 3.19 Lintang Selatan (LS) dan 128.30 Bujur Timur (BT), atau berada di darat 18 kilometer Utara Kairatu-SBB dengan kedalaman 10 kilometer. Menurut kesaksian warga Ambon, gempa ini dirasakan oleh banyak warga di Kairatu. Hingga Senin, (1/10), wilayah Kairatu dan Ambon belum terjadi aktivitas gempa susulan.

Gempa Majene, Makassar

Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM, menginformasikan, telah terjadi gempa di Majene, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/10) sekitar pukul 01.53 WITA, wilayah Kabupaten majene, Sulawesi Barat diguncang gempa berkekuatan 3,7 magnitudo.

BMKG menginformasikan titik koordinat gepa berada di 3,50 Lintang Selatan (LS) dan 118,78 Bujur Timur (BT), yang berlokasi di laut dengan jarak 43 kilometer arah Barat Daya Polewali Mandar, Propinsi Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempabumi dirasakan di Pamboang, Majene, Sulawesi Barat sebesar II SIG-BMKG (II-III MMI). Terkait dengan peristiwa gempabumi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 03:43 WITA belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Hingga siang ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk terus memperbarui informasi yang dikeluarkan BMKG serta arahan dari BPBD terkait gempa dini hari tadi.

Gempa Blitar

Yang terakhir, gempa terjadi di Blitar, Jawa Timur, informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta. Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T. gempa yang mengguncang Blitar berkekuatan 4,4 magnitudo ini terjadi, Senin (1/10) sekitar pukul 05.46 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan pusat gempa terjadi pada titik koordinat 8.95 Lintang Selatan (LS) dan 111.94 Bujur Timur (BT), gempa berada di laut pada jarak 97 kilometer Baratdaya Kab. Blitar, Jawa Timur dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menegaskan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan laporan dari Stasiun Geofisika Yogyakarta, guncangan gempa turut dirasakan oleh sejumlah warga Blitar meski begitu, sejauh ini belum ada laporan lebih lanjut terkait gempa yang mengguncang Blitar tadi pagi. Tapi BMKG mengimbau warga tak mudah teroengaruh berita yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: