Menkes Ajak Generasi Muda Hidup Sehat dan Perangi Stunting

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Sep 2018   23:59

Komentar
Menkes Ajak Generasi Muda Hidup Sehat dan Perangi Stunting

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Menteri Kesehatan RI (Menkes) Nila Moeloek mengajak anak-anak, remaja dan para pemuda generasi bangsa untuk hidup sehat. Hal ini karena menurut Nila mereka adalah penerus bangsa Indonesia di masa depan.

“Tolong titip ke anak cucu kita, ajarkan mereka bagaimana berperilaku hidup sehat. Ajarkan ke anak-anak kita, kalau nanti bila mereka atau istri mereka mengandung, harus hamil yang direncanakan, berikan kasih sayang, makan makanan dengan gizi yang baik agar anaknya tidak stunting, jadi anak yang cerdas dan berkualitas,” demikian Menkes Nila Moeloek di dalam Dialog Nasional Indonesia Maju yang diprakarsai oleh Kementerian Perhubungan di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/9).

Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Kekurangan gizi pada masa janin dan usia dini akan berdampak pada perkembangan otak, rendahnya kemampuan kognitif yang akan mempengaruhi prestasi sekolah dan keberhasilan pendidikan. Dalam jangka panjang, kekurangan gizi pada awal kehidupan akan menurunkan produktivitas dan kemudian menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat.

Selain itu, Nila juga menyatakan bahwa meskipun saat ini ada jaminan kesehatan nasional (JKN) yang melindungi kita saat sakit, namun kita perlu mencegah penyakit dengan berupaya menjaga kesehatan, itu tetap harus jadi yang utama.

“Minimal olah raga 30 menit setiap hari, jangan merokok, jauhi alkohol dan Narkoba,” tutur Nila.

Selain itu, Nila juga turut mengajarkan agar para remaja perbanyak mengkonsumsi sayur, buah dan ikan serta yang terpenting adalah gizi seimbang, rutin aktivitas fisik serta memantau berat badan secara teratur, cek kesehatan secara berkala sebagai usaha pencegahan dan deteksi dini penyakit.

Menkes Nila Moeloek juga menekankan bahwa kesehatan tidak terlepas dari lingkungan, karena itu mari tingkatkan kualitas lingkungan hidup dengan membuat sanitasi yang baik, biasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, buanglah sampah pada tempatnya, dan buang air besar di jamban.

“Kita membutuhkan udara yang bersih, kita juga membutuhkan air dan lingkungan yang bersih untuk menjadi sehat,” lanjutnya lagi.

Selain itu, Menkes menyatakan bahwa generasi muda Indonesia perlu meneladani sikap dan pemikiran Mutia, yang memiliki semangat belajar yang tinggi, berwawasan kesehatan, serta memiliki pandangan yang baik mengenai bagaimana seorang remaja menyikapi sebuah kata pernikahan dan mampu menghubungkan dengan masa depannya.

“Jangan ada lagi remaja yang menikah di usia dini, karena fisik dan mentalnya belum siap untuk memiliki keturunan. Saat ini, dengan pernikahan dini penyebab kawin cerai banyak dan dianggap biasa. Saya rasa, Mutia ini anak muda yang merupakan masa depan bangsa kita,” papar Nila.

Menkes menginginkan agar generasi muda Indonesia saat ini bisa memiliki kecerdasan pemikiran seperti Mutia. Para pemimpin di Indonesia saat ini, pasti menginginkan agar generasi-generasi yang dilahirkan dan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia merupakan generasi yang sehat, berpemikiran cerdas dan memiliki masa depan yang cerah.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: