Respon Jokowi Atas Bencana Gempa dan Tsunami di Sulteng  

TrubusNews
Binsar Marulitua
29 Sep 2018   21:19 WIB

Komentar
Respon Jokowi Atas Bencana Gempa dan Tsunami di Sulteng  

Presiden Joko Widodo (Foto : Binsar Marulitua/trubus.id)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hingga saat ini, Jokowi masih terus memantau perkembangan terkini gempa Donggala dari daerah terdampak gempa itu.

“Saya dan kita semua ikut berduka cita atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, di Palu, dan sekitarnya,” ujar Jokowi dalam pernyataan resmi dari kediaman di Solo.

Baca Lainnya: Donggala Kembali di Hantam Gempa Kekuatan Besar Magnitudo 7,7

“Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Kepala BNPB, meskipun informasi itu belum semuanya ada karena memang sulit untuk telepon ke sana," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, sejak sore tadi dirinya telah mencoba menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah untuk mengetahui keadaan di sana. Namun, upaya tersebut masih belum berhasil karena sambungan komunikasi yang terganggu.

Baca Lainnya: Korban Tewas Akibat Gempa dan Tsunami Palu Sudah Mencapai 384 Oran

Ia pun langsung memerintahkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, untuk mengkoordinasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI agar melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini.

"Saya sudah telepon tadi ke panglima TNI untuk bersama-sama menangani terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat baik pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan," ucap Jokowi.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: