Polda Sulsel Pilih Anjing Ras Pointer dan Malionis Guna Lacak Korban Tsunami Palu

TrubusNews
Syahroni
29 Sep 2018   19:00 WIB

Komentar
Polda Sulsel Pilih Anjing Ras Pointer dan Malionis Guna Lacak Korban Tsunami Palu

Anjing ras Pointer kini banyak dipilih sebagai anjing pelacak. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gempa yang diikuti dengan gelombang tsunami terjadi di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban tewas akibat kejadian ini yang terdata hingga Sabtu (29/9), sudah mencapai 384 orang.

Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah. Pasalnya, masih ada korban yang belum ditemukan.

Baca Lainnya : Korban Tewas Akibat Gempa dan Tsunami Palu Sudah Mencapai 384 Orang

Untuk itu, guna membantu pencarian, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mengirimkan anjing pelacak (K-9) terbaiknya. 

"Untuk sementara langsung diterjunkan anggota dari Direktorat Sabhara khususnya personel dan anjing khusus pelacaknya," tegas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Sabtu (29/9).

Dicky menyebutkan, pihaknya menerjunkan 2 anjing pelacak Ras Pointer dan Belgian Malinois. Kedua anjing ini dsebut sebagai pelacak terbaik karena mampu mengendus target, khususnya para korban gempa bumi dan tsunami di bawah reruntuhan.

Baca Lainnya : Pasca Gempa Magnitudo 7,7 SR di Donggala, Tsunami Hantam Pesisir Palu

Dia menambahkan, selain kedua anjing pelacak terbaiknya, Polda Sulses juga mengirim 5 personil yang dipimpin Ipda Salu yang merupakan pawang dari K-9 tersebut.

"Kalau pengiriman dalam jumlah banyak seperti personel dan perlengkapannya baru akan dilakukan. Untuk sementara yang prioritas ini dulu K-9 dan pawangnya," jelas Dicky lagi. [RN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: