Gunung Kerinci Erupsi, Abu Vulkanik Terlihat Menyebur Sejak Dinihari

TrubusNews
Syahroni
29 Sep 2018   16:00 WIB

Komentar
Gunung Kerinci Erupsi, Abu Vulkanik Terlihat Menyebur Sejak Dinihari

Gunung Kerinci, Jambi erupsi, Sabtu (29/9) dinihari. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Serangkaian bencana tengah melanda bumi pertiwi. Bersamaan dengan gempa dan tsunami di Sulawesi, bencana erupsi juga terjadi di Gunung Kerinci, Jambi.

Gunung Kerinci mengeluarkan abu vulkaniknya sejak Sabtu (29/9) dinihari. Menurut informasi dari Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha BMKG Jambi, abu vulkanik terlihat sejak pukul 01.30 WIB dini hari.

Baca Lainnya : Kembali Erupsi, Wisatawan Diimbau Jauhi Gunung Anak Krakatau

Dari pengamatan yang dilakukan BMKG Jambi diketahui, semburan abu vulkanik itu mengarah ke barat. Paparan abu vulkanik bahkan masih bisa terlihat hingga pukul 08.30 WIB.

Namun demikian, sejak pukul 10.30 WIB, semburan abu vulkanik sudah tidak terpantau lagi karena Gunung Kerinci tertutup awan.

Baca Lainnya : Gunung Anak Krakatau Kembali Semburkan Lava Pijar

"Berdasarkan Sigmet dan VAAC, teramati erupsi abu vulkanik Gunung Kerinci pada lapisan permukaan dengan ketinggian mencapai 1.400 m disertai kecepatan 5 knot. RGB Citra Satelit cuaca Himawari diperbarui sekitar pukul 10.30 WIB hingga siang ini abu vulkanik tidak terdeteksi karena wilayah gunung Kerinci tertutup awan," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/9). [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: