Pasca Gempa Magnitudo 7,7 SR di Donggala, Tsunami Hantam Pesisir Palu

TrubusNews
Syahroni
28 Sep 2018   20:58 WIB

Komentar
Pasca Gempa Magnitudo 7,7 SR di Donggala, Tsunami Hantam Pesisir Palu

Tsunami hantam pesisir Palu usai gempa Magnitudo 7,7 SR mengguncang Donggala. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai serangkaian gempa terjadi di Sulawesi, tsunami dilaporkan terjadi di pesisir pantai Palu, Jumat (28/9) petang. Video amatir yang diambil warga dari atas Palu Grand Mall menggambarkan detik-detik air laut menghantam daratan dengan ketinggian ombak diperkirakan mencapai 2 meter. Video itu sendiri kini telah beredar di dunia maya.

Dalam unggahan di media sosial itu disebutkan, tsunami terjadi beberapa saat setelah gempa Magnitudo 7,7 SR mengguncang Kota Donggala, Sulawesi Tengah. Menanggapi kabar tersebut, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono sendiri telah membenarkan adanya peristiwa itu. Namun demikian ia belum bisa memastikan berapa ketinggian gelombang tsunami. Namun, dia memperkirakan gelombang tsunami tersebut berkisar 1,5 meter sampai 3 meter.

Baca Lainnya : Gempa Donggala Tewaskan 1 Warga, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

"Ini tsunami sudah terjadi, BMKG bilang sudah berakhir, artinya tsunami sudah enggak ada lagi, daerah pantai Palu sudah aman, tsunami sudah terjadi beberapa waktu lalu, kemungkinan 1,5 meter sampai 3 meter," katanya, Jumat (28/9).

Dia memastikan saat ini sudah sudah tak terjadi. Sebab, tsunami terjadi beberapa saat setelah gempa 7,4 SR terjadi. Karenanya, masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Tsunami terjadi saat terjadi gempa, waktu tempuh (tsunami) hanya beberapa KM dan waktu tiba kurang dari 30 menit, artinya lebih dari itu tsunami sudah sampai. Itu (tsunami) sudah terjadi menghantam di kota Palu, dan air sudah kembali ke laut, artinya masyarakat bisa kembali ke rumah-rumah lagi karena tsunami sudah enggak terjadi," katanya. 

Baca Lainnya : Donggala Kembali di Hantam Gempa Kekuatan Besar Magnitudo 7,7

Pun demikian, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho juga membenarkan adanya peristiwa itu.

"Memang benar tsunami terjadi di Palu," katanya kepada wartawan. Namun ia belum mendapat data lebih lanjut pukul berapa tsunami terjadi dan ketinggian gelombangnya. Disebutkan, tsunami ini menerjang Pantai Talise, Palu.

"Dampaknya juga belum bisa tahu, karena komunikasi putus semuanya," kata Sutopo. Donggal diguncang gempa 7,7 SR. Palu juga diguncang gempa 5,9 SR. [RN]

Video amatir detik-detik tsunami hantam pantai Talise, Palu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: