Pencemaran di Kali Bekasi Semakin Parah, DLH Kota Bekasi Cabut 4 Izin Usaha

TrubusNews
Syahroni
22 Mei 2018   16:45 WIB

Komentar
Pencemaran di Kali Bekasi Semakin Parah, DLH Kota Bekasi Cabut 4 Izin Usaha

Busa memenuhi aliran Kali Bekasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sudah 3 hari belakangan, kondisi Kali Bekasi mengkhawatirkan. Selain dipenuhi busa, bau tak sedap juga sangat menusuk hidung. Karena kondisi ini juga, PDAM Tirta Patriot dan Bhagasasi terpaksa menghentikan suplai air bersih ke 51 ribu pelanggannya sejak kemarin (27/9).

Kedua perusahaan ini terpaksa menghentikan produksinya lantaran air dari Kali Bekasi sudah tidak bisa diolah lagi.

"Produksi kita stop karena kadar limbahnya sudah termasuk golongan luar biasa, bukan termasuk limbah yang bisa kita olah. sebetulnya limbah ini sudah datang dari 3 hari (atau) 4 hari yang lalu," ujar Kasubag Humas PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Uci Indrawijaya, Kamis (27/9).

Baca Lainnya : Air Kali Bekasi Sudah Tidak Bisa Diolah, 51 Ribu Pelanggan PDAM Kena Dampaknya

Terkait pencemaran di Kali Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi sendiri mengakui telah mengawasi potensi-potensi pencemaran. Namun Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Sugiono mengatakan, pihaknya sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya pencemaran di Kota Bekasi.

"Tim kita (DLH Kota Bekasi) menyusuri sampai ke Bogor. Kondisinya sudah seperti itu (berbusa) dan memang kondisi ini memang terjadi beberapa waktu lalu," ujarnya.

Sugiono menjelaskan kontur Kali Bekasi banyak yang menurun. Sehingga air yang sudah tercemar detergen akan terkocok dan menyebabkan munculnya busa.

Baca Lainnya : 'Pasukan Katak' Incar Pabrik Nakal yang Buang Limbah Langsung ke Kali Bekasi

Sugiono bercerita semenjak tahun 2017, Kali Bekasi sering berbusa. Bahkan tahun 2018, fenomena Kali Bekasi berbusa sudah 3 kali.

Upaya konkretnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menyegel 4 tempat usaha di wilayah Kota Bekasi. Di antaranya laundry, pabrik nata de coco, pabrik plastik, dan pabrik baja. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat terkait persoalan Kali Bekasi ini. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Peristiwa   13 Des 2019 - 07:57 WIB
Bagikan:          
Bagikan: