Jalur Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Segera Dibuka Lagi

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Sep 2018   09:25 WIB

Komentar
Jalur Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Segera Dibuka Lagi

Gunung Sindoro-Sumbing (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai terbakar beberapa waktu lalu, dalam waktu dekat ini, jalur pendakian Gunung Sindoro-Sumbing yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan dibuka kembali.

Administratur Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara Erwin mengatakan, pembukaan jalur pendakian Gunung Sindoro-Sumbing dilakukan atas kesepakatan Perhutani dengan sejumlah instansi terkait seperti basecamp pengelola pendakian.

“Kami setuju dalam waktu dekat ini jalur pendakian akan segera dibuka karena kebakaran sepenuhnya memang sudah padam,” ucapnya di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (28/9).

Sebagai informasi, jalur pendakian Gunung Sindoro-Sumbing ditutup sejak awal terjadinya kebakara hutan di kawasan itu, pada 7 September 2018 lalu.

Baca Lainnya: Setelah Gunung Sindoro-Sumbing, Titik Api juga Ditemukan di Gunung Slamet

Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan, akan segera membuat surat resmi kembali dibukanya jalur pendakian.

“Sebelum jalur pendakian dibuka kembali, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pengelola basecamp, seperti ketika ada pendaki naik, terlebih dahulu ada pemeriksaan barang bawaan para pendaki,” ucapnya lagi.

Selain itu, usai terjadinya kebakaran hutan, kawasan Gunung Sindoro-Sumbing akan memulai masa tanam kembali, bibit akan disiapkan di basecamp. “jadi nanti ketika ada pendaki, bibit akan dibagikan ke pendaki agar membantu menanam di atas gunung.

Baca Lainnya: Hutan dan Lahan di Gunung Sindoro Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

"Nanti akan kita sesuaikan apa saja bibit atau biji yang cocok untuk ditanam dibekas lahan yang terbakar itu," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau dengan dibukanya kembali jalur pendakian, diharapkan para pendaki bisa menjaga kelestarian kawasan gunung serta jangan melakukan kegiatan yang bisa memicu kebakaran, seperti membuang puntung rokok sembarangan.

“Jika membuat api unggun atau memasak, pastikan api benar-benar telah padam saat meninggalkan lokasi” tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: