Cara Unik Warga Papua Lindungi Hutan dengan Festival Ulat Sagu

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Sep 2018   09:00 WIB

Komentar
Cara Unik Warga Papua Lindungi Hutan dengan Festival Ulat Sagu

Ulat Sagu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebagai ungkapan rasa syukur serta melindungi hutan, masyarakat Papua memiliki cara unik yang mungkin tak dilakukan oleh daerah lain di Indonesia, yakni dengan menggelar Festival Ulat Sagu. Festival ini dalam bahasa lokal disebut ‘Yame’.  Dalam festival ini seluruh lapisan masyarakat turut menyemarakkan festival.

Penyelenggara Festival Ulat Sagu, Yambumo Kwanimba mengatakan, tujuan digelarnya Festival Ulat Sagu ini untuk melindungi kawasan hutan yang ada di Papua dari perambahan yang kerap dilakukan perusahaan ke wilayah masyarakat adat Kombay.

Baca Lainnya: Kerajinan Lokal Topang Perekonomian Masyarakat Papua

“Agar hutan di kawasan ini tidak hancur, karena hutan yang ada di masyarakat adat Kombay termasuk kecil. Kita harus tetap melakukan festival ini, karena hutan harus tetap ada, kalau hutan kita jaga, tanaman sagu akan tetap ada,” kata Yambumo di Distrik Bomakia, Merauke, Papua, baru-baru ini.

Lebih lanjut dikatakan Yambumo, Festival Ulat Sagu awalnya adalah sebuah ritual untuk menjaga hutan saja, tapi juga untuk menjaga perdamaian.

Direktur Perkumpulan Silva Papua Lestari (PSPL), Kristian Ari di Distrik Bomakia, Kabupaten Boven Digoel, Papua, mengungkapkan, Festival Ulat Sagu (Yame) memiliki pesan moral kerja sama dan solidaritas persaudaraan yang sangat tinggi.

Baca Lainnya: Noken, Oleh-oleh Khas Papua dari Kulit Kayu

Bahkan menurutnya, Festival Ulat Sagu merupakan ritual adat rutin yang dilakukan masyarakat Adat Kombay. Tapi Yame tahun ini digelar dalam skala festival yang melibatkan banyak masyarakat dari berbagai kampung dan marga di Papua.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua, John Way mengatakan, Festival Pesta Ulat Sagu ini menjadi salah satu ajang memperkenalkan wisata Papua kepada masyarakat luas. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: